Mohon tunggu...
Johanes Krisnomo
Johanes Krisnomo Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Penulis, fotografer, pemerhati lingkungan hidup, teknologi pangan, kesehatan, kimia pangan. Alumnus Kimia ITB dan praktisi di Industri Pangan. https://www.kompasiana.com/stalgijk

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Cuma Niat, Mana Mungkin Jadi Penulis

5 November 2019   22:42 Diperbarui: 5 November 2019   22:55 0 49 29 Mohon Tunggu...
Cuma Niat, Mana Mungkin Jadi Penulis
Sumber : https://www.gorod3466.ru

Raut wajahnya sumringah, ketika sukses terdaftar sebagai penulis Kompasiana. Sebagai kawan, cukuplah sudah memberi bimbingan, dan motivasi. Antusiasnya ingin menjadi penulis tak diragukan, berbulan sudah, bergeming tanpa berubah status sebagai calon.

Lebih selusin, kawan-kawan tak berdaya melepaskan diri dari hambatan. Umumnya mereka terpesona, dan menikmati nyamannya hati ketika membaca kiriman kisah-kisah yang telah ditayangkan di Kompasiana.

Penulis pun, telah seringkali membuka wacana, adanya K-Rewards, jenjang kepangkatan, dan indahnya pertemanan di Kompasiana.

Berbagai tantangan lomba-lomba, dan juga hadiah jalan-jalan, telah sering dipromosikan. Namun, sia-sialah berbagai upaya belum membuahkan hasil.

Tak dapat dipungkiri, bahwa dalam keseharian, penulis tampak lebih sehat dan muda dari usia sesungguhnya, meskipun sibuk di tempat kerja.

Sebagai karyawan swasta, yang memiliki waktu libur terbatas, sulitlah bila harus meluangkan waktu piknik secara fisik. Nyatanya, sepulang kerja, sore hari setelah menyelesaikan tugas-tugas rumah, dimulailah saatnya piknik.

Kegiatan menulis selayak piknik, menyegarkan psikis atau jiwa yang lelah dengan menghibur diri seperti bermain musik, menonton film, atau membaca dan lainnya. Tentunya berbeda sensasi, bila kita melakukan olahraga sepulang kerja. Kombinasi kegiatan psikis dan fisik olahraga, bisa dilakukan berselang-seling sesuai kemampuan diri.

Bahagianya menjadi penulis, Kompasianer sebutannya, meredakan lelahnya emosi, tidur malam semakin nyenyak, dan  semangat kerja meningkat tajam.

Belum lagi, karya-karya tulisan di Kompasiana, milik diri yang dibagikan melalui aplikasi, selalu di-elu-elu-kan dan mendapat apresiasi ketika kaki menapak pagi di tempat kerja.

Sumber : https://pixabay.com
Sumber : https://pixabay.com
Kedekatan tema, tulisan yang dibagikan memang tercetus dari apa yang terlihat, terdengar dan teralami di saat bekerja atau istirahat makan. Menarik, mungkin karena berkisah tentang apa yang menjadi kebutuhan dan punya kedekatan.

Menjadi penulis itu sejatinya sangat mudah. Ketika suatu waktu bertanya kepada penulis ternama, resepnya hanya 3-M : Menulis, Menulis, dan Menulis. Sebegitu mudahnya, seperti apa yang dinyatakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x