Mohon tunggu...
Johanes Krisnomo
Johanes Krisnomo Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Penulis, fotografer, pemerhati lingkungan hidup, teknologi pangan, kesehatan, kimia pangan. Alumnus Kimia ITB dan praktisi di Industri Pangan. https://www.kompasiana.com/stalgijk

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Bakar Sampah, Terapan Salah Kebiasaan Rajin

14 September 2019   07:15 Diperbarui: 14 September 2019   11:55 0 42 17 Mohon Tunggu...
Bakar Sampah, Terapan Salah Kebiasaan Rajin
Bakar Sampah Daun. Sumber : Shutterstock

Bau asap menggebu, memasuki sudut-sudut rumah, ketika pagi beranjak. Curiga sana-sini, mungkin ada yang terbakar, nyatanya bersumber dari tetangga di batas perumahan, yang membakar sampah.

Sesak menyeruak di musim kemarau, Bandung terkadang dingin, tapi lebih banyak panasnya. Debu-debu beterbangan, ketika angin bertiup kencang. Meniup daun-daun kering, dan memindahkannya, setelah melayang-layang, bertebaran searah angin melaju.

Membakar sampah, selalu berulang, mungkin gatal tangannya ketika melihat daun-daun kering yang menggunduk di sana-sini. Seharusnya, sampah dikumpulkan di satu tempat, kemudian petugas khusus akan mengambil dan mengangkutnya ke tempat pembuangan sampah.

Biasanya ibu-ibu banyak yang tak sabar, inginnya cepat bersih, tak mau lihat sampah-sampah berserakan.

Kurangnya sosialisasi, terbukti belum membuminya peraturan mengenai larangan membakar sampah, yang tertuang dalam Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 2008 dan Peraturan Daerah (Perda) No. 5 Tahun 2005 tentang Pengendalian Pencemaran Udara.

Dampaknya jelas, akibat dari asap pembakaran sampah yang marak dilakukan, akan berdampak serius pada gangguan kesehatan, dari mulai sesak napas hingga radang paru-paru.

Gas-gas pencemar udara yang berasal dari asap pembakaran dapat melepaskan gas karbondioksida dan klor yang menjadi penyebab polusi udara dan merusak lapisan atmosfer.

Daun - daun Kering. Sumber : almanac.com
Daun - daun Kering. Sumber : almanac.com

Kebakaran Sampah Daun. Sumber : theconversation.com
Kebakaran Sampah Daun. Sumber : theconversation.com

Kebakaran Besar. Sumber : colourbox.de/weather.com
Kebakaran Besar. Sumber : colourbox.de/weather.com

Miniatur kebakaran hutan, selayak di Sumatra dan Kalimantan, begitulah situasinya. Beberapa alasan terjadinya kebakaran hutan, mungkin semisal isengnya orang-orang yang tak bertanggungjawab, membuka lahan baru dengan cara membakar, meninggalkan bara api sisa api unggun atau puntung rokok menjadi penyebabnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x