Mohon tunggu...
Johanes Krisnomo
Johanes Krisnomo Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Penulis, fotografer, pemerhati lingkungan hidup, teknologi pangan, kesehatan, kimia pangan. Alumnus Kimia ITB dan praktisi di Industri Pangan. https://www.kompasiana.com/stalgijk

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Temukan Renjana Agar Lelahmu Musnah

11 Mei 2019   16:40 Diperbarui: 11 Mei 2019   16:47 0 43 22 Mohon Tunggu...
Temukan Renjana Agar Lelahmu Musnah
Ilustrasi Lelah Bekerja. Sumber : https://www.pexels.com

Mungkin dia lelah. Wajahnya kuyu tak bergairah. Bekutat dengan data-data harian yang harus segera diselesaikannya, dan memantaskan diri bersama kerutan dahi.

Tak pandainya mengatur waktu istirahat, kapan saatnya senyum, kapan saatnya diam, dan kapan saatnya becanda tak mudah diterapkannya dalam situasi kerja yang saat ini dijalaninya.

Di kalangan kawan-kawan, ada ungkapan yang berlaku lokal, yaitu waktu kerja jangan sampai mengganggu makan, dan waktu makan jangan sampai mengganggu kerja

Kalau bingung menyimak, ada baiknya pegangan tiang atau pintu biar tak jatuh.

Kebanyakan kawan-kawan menganut paham, waktu kerja jangan sampai mengganggu makan. Artinya waktu makan dijalani tepat waktu, sedangkan pekerjaan bila mungkin bisa diatur untuk ditunda atau dilanjutkan setelah istirahat makan.

Kerja terus, dan terus kerja kemudian lanjut istirahat makan, yang menjadi pilihan kawan memberikan makna kurangnya perencanaan dalam mengatur waktu. Akibatnya, makan tak teratur, kesehatan tak optimal, bahkan ada kecenderungan lelah fisik dan psikis.

Ilustrasi : Bercengkrama bersama keluarga. Sumber : https://kidspot.co.nz
Ilustrasi : Bercengkrama bersama keluarga. Sumber : https://kidspot.co.nz

Beban beratnya kerja harus disegarkan, berbahagialah yang memiliki renjana.

Kata renjana yang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, terjemahannya berasal dari passion, bahasa Inggris. Renjana memiliki arti: rasa hati yang kuat. Renjana juga digunakan untuk menyatakan keinginan atau niat untuk melakukan sesuatu.

Menyegarkan kembali lelah bawaan dari tempat kerja, temukan passion atau renjana kita. Beberapa renjana yang mudah dan sering dijumpai, semisal mendengarkan atau memainkan alat musik, menyanyikan lagu-lagu, olahraga, melakukan kegiatan menulis atau pun bercengkrama bersama keluarga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x