Mohon tunggu...
Sri Yunita
Sri Yunita Mohon Tunggu... Guru - Guru SMP Negeri 2 Banjit

S1 UNSRI

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Motivasi Mengikuti Training Guru Melek IT (DOGMIT)

6 Juli 2018   16:32 Diperbarui: 6 Juli 2018   16:50 316
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Motivasi mengikuti training  Guru Melek IT (DOGMIT) Oleh Sri Yunita

Saya men gajar mata pelajaran matematika di SMP Negeri 2 Banjit  Way Kanan Lampung. Letak sekolahku mewah (mepet sawah) yang sebagian penduduknya mayoritas petani tetapi semangat siswa-siswanya untuk sekolah  tinggi. 

Sarana di sekolahku  lengkap, misalnya perpustakaan yang menyediakan buku-buku  yaitu buku paket, buku pengetahuan umum,  buku cerita dan lain-lain. Selain perpustakaan juga terdapat laboratorium IPA dan komputer. Jumlah komputer di sekolahku cukup banyak  pemerintah telah memberikan bantuan komputer untuk memperlancar kegiatan UNBK.  Saya patut berterima kasih kepada pemerintah yang telah menyediakan komputer ke sekolah-sekolah sampai kepedesaan.

Dengan perkembangan zaman yaitu kemajuan dalam Tekhnologi informasi dan komunikasi tantangan bagi guru dalam mendidik dan mengajar siswa di sekolah. Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa dengan cara program pembelajaran yang tertata dengan baik sehingga dapat menarik siswa dan menjadi senang dalam belajar serta dapat meningkatkan hasill belajar siswa

Dengan tersedianya komputer di sekolah tentu sangat berguna dalam pembelajaaran. Saya dapat menggunakan komputer tersebut dengan membuat pembelajaran menarik dan  disenangi siswa,  melatih  siswa menggunakan komputer, dan melatih siswa mengerjakan soal-soal/quis sehingga siap dalam menghadapai UNBK.

Dalam meningkatkan kemampuan dan kompetensi  saya sebagai guru tentunya harus banyak belajar dan berlatih terus-menerus sehingga dapat memanfaatkan IT tersebut. Sedangkan pelatihan guru yang diadakan masin belum menyeluruh terutama pada guru-guru pedesaan. Untuk itu saya harus mengikuti pelatihan yang dapat memberikan motivasi, pembelajaaran yang mudah dimengerti , jelas dan dapat saya lakukan tanpa harus meninggalkan tugas sehari-hari saya. Ternyata saya beruntung dapat mengikuti training Online Guru Melek IT (DOGMIT) yang membantu saya dalam membuat  penyajian materi, bahan ajar , membuat buku dan membuat tes secara offline dan online.

        Harapan saya setelah mengikuti pelatihan ini saya dapat menyiapkan pembelajaran kedepan supaya dapat tertata dengan baik dari cara menyajikan materi, edugame, bahan ajar dan latihan soal/tes dengan IT . sehingga dapat memotivasi siswa belajar, membuat belajar itu menarik dan bermakna serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Semoga saya dapat mengikuti pelatihan prezi,quis creator, dan flipbook yang diberikan pak Sukani ini dengan lancar dan sukses dan tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada  pak Sukani sebagai instruktur yang telah memberikan ilmu dan melatih dengan sabar . Semoga ilmu yang saya dapatkan  dapat berguna bagi saya, siswa-siswa, teman sejawat, sekolah dan dunia pendidikan .

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun