Mohon tunggu...
sri wulandari
sri wulandari Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru sd

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Mengenal Kode Segitiga pada Kemasan

30 September 2022   21:09 Diperbarui: 30 September 2022   22:42 167 18 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: arahenvironmental.com/jenis-dan-tipe-plastik

Selamat malam sahabat kompasioner, salam sehat, salam bahagia selalu menyertai kita bersama. Kali ini penulis berbagi tulisan tentang kemasan plastik kode segitiga yang merupakan kode daur ulang plastik. Nah sahabat kompasioner jelas sudah mengerti dong, model tersebut izinkan saya mengulas kembali.

1. Kode 1 PETE

Polyethylene Tephthalate merupakan kepanjangan dari PETE. PLastik ini dipakai pada botol plastik jernih, transfaran, tembus pandang, dan dapat dilihat pada berbagai botol mineral, botol jus, botol selai kacang  juga bisa. 

Botol jenis ini digunakan 1 kali pemakaian dan tidak boleh dipakai berkali- kali  karena memiliki efek bahaya. Botol jenis ini memiliki efek berbahaya apabila diisi air angat atau panas dan mammpu menjadi  pemicu sel kanker(zat karsinogenik)

2. Kode 2 HDPE (High Density Polyethylene)  

Jenis ini merupakan bahan plastik yang aman digunakan, batas maksimal tahan dan aman digunakan  karena mampu  mencegah reaksi kimia antara plastik HDPE dengan makanan didalamnya, juga  tahan pada suhu sekitar 75derajat celcius. 

3. Kode 3 PVC

Polyvinyl Chloride, memiliki ketahanan kimia yang baik ,namun jenis ini tidak tahan disuhu 80 derajat celcius dan tidak baik  dibuat wadah makanan, karena jenis ini ditemukan pada pipa, bingkai bingkai jendela serta pagar.

4. Kode 4 (LDPE) 

Low density polythylene , jenis ini  terbuat dari minyak bumi biasa dipakai untuk tempat makanan plastik kemasan, tipe jenis thermoplastic .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan