Mohon tunggu...
sri wulandari
sri wulandari Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru sd

Selanjutnya

Tutup

Nature

Minyak Jarak, Alternatif Pengganti Bahan Minyak Bumi atau Biodiesel

20 September 2022   16:53 Diperbarui: 20 September 2022   17:09 143 23 17
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: Republika.co.id

Tanaman jarak merupakan tanama dari family  Euphorbionta atau tumbuhan berpembuluh.  berasal dari famili dengan famili Euphorbiaceae, dengan genus jatrhopa  dengan nama ilmiah jatrhopa curcas L, sedangkan nama-nama daerah pohon jarak juga berbeda-beda.

Morfologi tanaman ini berbentuk perdu, daun jarak  cukup besar, warna daun hijau , helaian daun berbentuk bulat telur dengan pangkal berbentuk jantung, bersudut dan berlekuk. Pada  bagian batang, berkayu, silindris, kulit batang berwarna keabu- abuan, bagian batang juga terdapat lateks.

Selanjutnya pada bagian bunga  bersifat majemuk berwarna kuning , bakal buah tersusun tendan dan bulat telur,

Minyak jarak mulai dikenal sebagai sumber energi alternatif biodesel. Biodesel dihasilkan dari minyak yang diperoleh dari biji tanaman jarak yang banyak tumbuh di daerah tropis seperti indonesia. 

Minyak jarak dari biji jarak tanaman pohon jarak merupakan tanaman pagar yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman penghasil untuk dikembangkan sebagai tanaman penghasil minyak pengganti  bahan bakar minyak bumi,  tanaman ini juga mudah dibudidayakan karena memiliki beberapa unggulan salah satunya  manfaat tanaman jarak buat kehidupan manusia. Jelas banyak dong ya manfaatnya salah satunya:

1. Sebagai alternatif pengganti bahan bakar minyak, namun pengolahannya jelas tidak gampang dong ya, perlu teknologi  dan para ahli dalam memprosesnya dan terdapat pada biji jarak

2. Minyak pijat  atau minyak urut

3. Minyak rambut

4. Pengobatan tradisional (infeksi kulit, diare, demam, luka berdarah, gatal dan  kutu air)

5. Saripati daun yang berupa airan bisa dimanfaatkan sebagai  antiseptik saat persalinan, solusi  obat batuk

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan