Mohon tunggu...
SRI WIRDANINGSIH
SRI WIRDANINGSIH Mohon Tunggu... Lainnya - Kerja harian

Hobi saya mendengar musik

Selanjutnya

Tutup

Diary

Penipuan Berkedok Jasa Freelace

21 Maret 2023   09:21 Diperbarui: 21 Maret 2023   09:41 1189
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi/screenshot
Dok. pribadi/screenshot
Dok. pribadi/screenshot
Dok. pribadi/screenshot
Ini Kisahku...

Dimulai dari keinginanku untuk mencari pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah pada tanggal 17 Maret 2023, saya mencari pekerjaan lewat google. Dimana saya mulai mengklik website yang menurut saya menarik dan mudah untuk dilakukan, saya mulai diarahkan untuk mengklik mengklik nomor whatsapp 0838-4701-6022 untuk mendapat penjelasan mengenai pekerjaan yang saya akan lakukan. 

Dimana yang mengaku sebagai bagian personalia atas nama Delina. Dia menjelaskan detail pekerjaannya yaitu untuk mengikuti dan menyukai akun tiktok yang direkomendasikan untuk meningkatkan rating toko online supaya toko rame dan saya akan di berikan komisi.  Setelah menjelaskan, dia membimbing saya untuk mengklik link https://apkfab.com/1688/com.mnairhlitenaterralikection.mn/apk?h=bc4dfa8766a3c9863c80d1eeea0320ec0f269aa55e355b18f5bdd26ed7311572 dan melakukan registrasi akun untuk masuk ke yang mereka katakan akun kerja, dimana saya katanya akan melakukan tugas.

Tanggal 18 Maret 2023, saya mulai mengerjakan apa yang mereka berikan yaitu menyukai dan mengikuti akun tiktok yang mereka sarankan setelah itu disinilah awal mula penipuanitu dilakukan, mereka memberikan tugas dimana harus mengirim uang kepada Mahendra Wijaya yang mereka sebut manajer mereka menggunakan bank CIMB Niaga dengan NO Rek. 707212250900 untuk memulai tugas 1. Di awal mereka meminta dengan nilai nominal yang kecil, tetapi lama kelamaan nilai nominal itu terus naik dengan jumlah yang tidak masuk akal. Dari situ saya mulai meminta uang saya dikembalikan, tetapi mereka tidak ingin memberikannya. Mereka mengatakan saya harus melakukan tugas terakhir dengan mengirimkan uang yang mereka minta, tetapi setelah saya mengirimuang tersebut, tak ada penyelesaian mereka malah meminta saya untuk kembali mengirim uang sampai tanggal 19 Maret 2023 dan sampai tanggal 21 maret 2023 mereka masih mengirim pesan kepada saya.

Saya sudah minta tolong kepada pihak kepolisian, kominfo untuk mencari mereka untuk mendapat posisi,menangkap dan memblokir link yang mereka gunakan, tapi belum ada tanggapan, dan saya memberanikan diri untuk membuat tulisan ini untuk dapat bantuan dan dapat menjadi pelajaran kepada yang lain juga agar tidak mudah mengambil dan percaya dengan hal semacam ini .

Dok. pribadi/screenshot
Dok. pribadi/screenshot

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun