Mohon tunggu...
Sri Widiyati
Sri Widiyati Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswi

Stay unique, be different, and don't change your ways.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Belajar Montessori di Rumah

28 Oktober 2021   21:54 Diperbarui: 29 Oktober 2021   00:01 41 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Montessori merupakan satu metode Pendidikan yang dikembangkan oleh Maria Montessori (1870-1952). Ia merupakan seorang dokter sekaligus ahli pendidikan yang berasal dari Italia. Maria Montessori membuka sekolah pertamanya dengan menggunakan metode Montessori, Casa dei Bambini (Children's House).

Montessori merupakan metode yang menekankan pada aktivitas kesadaran diri sendiri, pembelajaran langsung, dan permainan kolaboratif. 

Anak didorong untuk membuat. Pengamatan klinis dari guru yang berfungsi sebagai fasilitator atau pendamping. Penyesuaian dari lingkungan belajar dengan tingkat perkembangan anak dan peran aktivitas fisik dalam menyerap mata pelajaran secara akademis maupun keterampilan praktik secara langsung menjadi aspek yang penting sehingga anak-anak dapat memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi dengan persiapan yang matang dimulai pada usia prasekolah.

Montessori mengajarkan 5 bidang utama, yaitu kemampuan berbahasa, konsep matematika, budaya, sensorik, kehidupan sehari-hari. Pada setiap bidang yang diajarkan, guru berperan untuk membantu menyediakan alat untuk belajar. 

Di dalam lingkungan belajar perlu didesain khusus (prepared environment), anak dibimbing belajar langsung one-on-one lesson. Anak anak diarahkan untuk memiliki kemampuan mengatasi konflik dan masalahnya sendiri tanpa kekerasan dan dengan cara yang kreatif.

Dengan perkembangan teknologi yang pesat, dimana orang bisa mencari informasi melalui internet, para ibu-ibu yang memiliki anak mulai menerapkan metode Montessori ini di rumah kepada anak-anak mereka. 

Materi yang berbasis kepada aktivitas permainan akan menarik bagi anak-anak. Yang perlu diperhatikan adalah maksud dari masing-masing bidang dari Montessori beserta kegiatan yang cocok dilakukan di rumah.

Pada bidang kemampuan berbahasa, anak dilatih untuk berkomunikasi. Orang tua di rumah bisa mengajak anak bercerita tentang topik yang disukai oleh anak. Anak diminta untuk bercerita sebelum tidur atau anak diminta menceritakan kembali cerita yang diengarnya atau perasaan anak pada saat itu. 

Anak juga bisa diperkenalkan dengan huruf melalui permainan, sehingga anak merasa sedang bermain, bukan belajar. Oleh karena kemampuan berbahasa setiap anak berbeda-beda, maka orang tua tidak boleh memaksa anak.

Konsep matematika yang dapat diajarkan oleh orang tua di rumah seperti belajar mengenal bentuk, memahami ukuran yang lebih besar dan kecil, mengenal angka, dan sebaginya. 

Orang tua bisa mengajarkan mengenai angka dan berhitung dengan lagu-lagu dan gerakan-gerakan. Ini akan sangat menarik bagi anak-anak, karena mereka menyukai lagu dan gerakan. Permainan puzzle atau balok juga bisa membantu anak belajar mengenal bentuk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan