Mohon tunggu...
Sri Weni
Sri Weni Mohon Tunggu... Guru - Guru Bahasa Indonesia - SMP Negeri 1 Ambarawa

Saya Sri Weni Guru Bahasa Indonesia - SMP Negeri 1 Ambarawa. Alhamdulillah pada tahun ini diterima sebagai ASN PPPK. Saya perlu mengembangkan diri salah satunya dengan belajar menulis artikel.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peningkatan Pembelajaran Mengidentifikasi Informasi Teks Deskripsi Familiar pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Ambarawa

8 Desember 2022   10:26 Diperbarui: 8 Desember 2022   10:44 263
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENDAHULUAN

Pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII saat ini menerapkan kurikulum merdeka, namun terdapat beberapa kendala selama proses belajar mengajar yang mengganggu pemahaman peserta didik tentang teks, terutama dalam mengidentifikasi informasi teks deskripsi, khususnya 1) kurangnya minat membaca oleh peserta didik, 2) peserta didik sulit menerjemahkan kosa kata yang ada dalam contoh teks, 3) teks deskripsi terlalu panjang dan kurang familiar untuk peserta didik dan 5) bahaan ajar yang digunakan pendidik kurang sesuai untuk mengidentifikasi informasi teks deskripsi.

Akar masalah pada pembelajaran peserta didik belum mampu mengidentifikasi informasi teks deskripsi yang dibaca dan dipirsa karena pendidik belum menggunakan bahan ajar yang sesuai. Bahan ajar dalam hal ini merupakan contoh deskripsi yang familiar. Tema yang dekat dengan peserta didik dan bahasa yang lebih sederhana.  Dengan adanya penelitian ini dapat dijadikan referensi dan melengkapi penelitian sebelumnya.

METODE PENELITIAN 

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian deskripsi kualitatif. Populasi penelitian adalah kemampuan mengidentifikasi informasi teks deskripsi peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Ambarawa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rencana aksi dan rencana evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Teknik tes bertujuan untuk memperoleh hasil belajar peserta didik. Sedangkan, teknik nontes digunakan untuk mengetahui sikap peserta didik selama pembelajaran melalui rencana evaluasi.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Penelitian ini dimulai dengan pengambilan praktik oembelajaran pada 27 Oktober 2022. Kemudian, peserta didik melaksanakan pembelajaran mengidentifikasi informasi teks deskripsi menggunakan bahan ajar teks deskripsi familiar.

Hasil Penilaian Pembelajaran Mengidentifikasi Informasi Teks Deskripsi Menggunakan Bahan Ajar Teks Deskripsi Familiar

Berdasarkan hasil koreksi guru dari jawaban peserta didik  yang tertulis pada lembar LKPD, dapat disimpulkan sebagai berikut.

Dari 29 peserta didik  secara keseluruhan, semua peserta didik  dapat memahami materi dengan baik dan  memperoleh nilai di atas KKTP yaitu 75. Terdapat 7 peserta didik  yang memiliki tingkat penguasaan materi mencapai 24% dengan  memperoleh nilai 95. Terdapat 11 peserta didik  yang memiliki tingkat penguasaan materi mencapai 38% dengan memperoleh nilai 85. Terdapat 8 peserta didik  yang memiliki tingkat penguasaan materi mencapai 28% dengan memperoleh nilai 80. Terdapat 3 peserta didik yang belum memperoleh nilai karena izin tidak masuk (sakit).

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun