Mohon tunggu...
Sriwati Sihombing
Sriwati Sihombing Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Saya memiliki hobi membaca serta menulis, konten yang saya sukai yaitu review buku-buku baik fiksi maupun non fiksi. Saya juga sedang menempuh masa perkuliahan dengan jurusan keguruan dan pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Administrasi Kurikulum Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan

9 Desember 2022   17:05 Diperbarui: 11 Desember 2022   11:48 284
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apakah anda mengetahui apa itu "Administrasi Kurikulum"?

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap tahunnya banyak instansi dan dan lembaga pendidikan yang meluluskan sejumlah lulusan. Pada dasarnya baik atau buruknya kemampuan lulusan atau peserta didik tidak seutuhnya dipengaruhi oleh kemampuan akademik peserta didik tersebut, sebenarnya hal ini juga ditentukan oleh kurikulum yang diterapkan dan digunakan dalam proses pendidikan. Untuk menghasilkan suatu lulusan dengan mutu yang baik maka seharusnya ada desain atau rancangan yang baik dalam kurikulum itu. Sehingga setiap lulusan yang dikeluarkan oleh instansi maupun lembaga pendidikan dapat memenuhi kriteria lulusan yang baik sesuai dengan apa yang diharapkan.

Berikut ini dijelaskan secara rinci pengertian dari administrasi kurikulum yaitu: Administrasi kurikulum terdiri dari dua kata yaitu " Administrasi" dan "Kurikulum".  Kurikulum dalam pengertian sempit diartikan sebagai seperangkat mata pelajaran dan mata kuliah yang akan dipelajari oleh peserta didik. Dalam arti luas kurikulum merupakan proses interaksi pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran yang menghasilkan pengalaman belajar disamping menerima ilmu pengetahuan.  Administrasi memiliki arti peraturan, perencanaan dan pengelolaan yang memuat empat fungsi dari manajemen (planing, organizing, actuating dan controlling).

Dapat disimpulkan bahwa administrasi kurikulum adalah semua proses perencanaan, proses pengorganisasian, proses pelaksanaan dan proses evaluasi terhadap komponen kurikulum yang diterapkan oleh suatu lembaga atau satuan pendidikan.

Dalam UU Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003 mengenai administrasi dari kurikulum " Seperangkat rencana, aturan, isi, bahan pelajaran, cara dan strategi pelaksanaan kurikulum yang akan digunakan sebgai pedoman dalam proses pembelajaran". Agar lebih mudah dipahami administrasi kurikulum diartikan  bagiamana sekolah atau lembaga pendidikan merencanakan mengelola dan mendesain sedemikian rupa proses pembelajaran di dalam kelas. Berikut ini adalah komponen-komponen  yang diatur, dikelola dan didesain melalui administrasi kurikulum untuk mencapai  tujuan  dari pendidikan yaitu:

  • Kurikulum
  • Tujuan
  • Isi
  • Metode
  • Evaluasi

Berikut adalah proses administrasi kurikulum:

1. Perencanaan

Yang dimaksud disini ialah kurikulum direncanakan mulai dari bentuk serta isinya. Perencanaan ini biasanya dilakukan oleh ahli yang sudah ahli dalam bidang perencanaan kurikulum.

2. Pelaksanaan kurikulum

Kurikulum yang telah dirancang kemudian diterapkan dalam dunia pendidikan. melalui pemahaman peserta didik dalam pembelajaran maka kita mengetahui keberhasilan dari suatu kurikulum. Tetapi pendidik juga berperan dalam penilaian keberhasilan dari suatu kurikulum, yaitu bagaimana cara guru menerapkan pembelajaran yang telah dirancang di konsep dalam sebuah kurikulum yang diterapkan.

3. Pengawasan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun