Mohon tunggu...
SRI WARDANI
SRI WARDANI Mohon Tunggu... Penulis - Penulis dan MC

Suka Menulis, MC pemerintahan. Pernah menjadi Presenter di stasiun TV lokal. Meraih Juara II MC antar instansi Provinsi Riau (2014). Juara I lomba cerpen Penerbit Kertas Sentuh, Juara II Lomba Cerpen Penerbit Prospect. Juara III lomba Dongeng Tianisa Bookstore, Juara Harapan I Lomba cerpen The Journalish Publishing, Peringkat 5 lomba Cerpen Horor Tinta Misteri. Meraih 10, 20, 30, 50 besar lomba cerpen dan puisi lainya. Karya puluhan buku antologi fiksi dan non fiksi.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Mengukir Jejak Kebaikan Melalui Goresan

13 September 2021   16:38 Diperbarui: 13 September 2021   16:44 79 12 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengukir Jejak Kebaikan Melalui Goresan
Dok. pribadi

Ketika terjun dalam dunia kepenulisan, setiap orang berhak memiliki alasan dan tujuan yang ingin dicapai. Bagi saya pribadi punya beberapa alasan. Alasan ini yang harus saya pegang agar terus konsisten menulis.

Mari membayangkan hari pertanggungjawaban di padang ma'syar nanti. Semua kita akan dihisab, tiada yang luput apa yang telah dilalui selama di dunia. Beruntunglah mereka yang memiliki catatan amal yang baik. Surga menantinya. Semoga kita di golongan itu. 

Namun, kita harus menakar diri, apakah amalan yang dilakukan cukup? Sejatinya setiap kita senantiasa evaluasi dan berpacu untuk memperbanyak catatan kebaikan. Apapun yang dlewati setiap detik waktu haruslah bermanfaat.

Karena tidak mudah memiliki hati yang bersih, ibadah yang terlalu banyak kekurangan, amalan yang hangus karena kebanggaan, kesaalahan yang tidak terbilang, dan tidak pula punya kekayaan untuk mengambil pahala sedekah melimpah. Mari teliti, apa yang bisa kita lakukan.

Bagi pecinta literasi, salah satu cara menebar amalan adalah melalui tulisan. Karena tulisan bisa mengarah kepada kebaikan atau sebaliknya. Secara pribadi, saya ingin setiap tulisan menjalankan misi-misi kebaikan, diantaranya adalah :

Seperti perintah Allah dalam Al-Qur'an surat Al Baqarah ayat 30 : 

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, "Aku hendak menjadikan khalifah di bumi." Mereka berkata, "Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu?" Dia berfirman, "Sungguh, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."

Allah menjadikan manusia sebagai khalifah di muka bumi, diberikan amanah untuk menjaga kemaslahatan alam dan menjalankan perintah agama menjadi umat terbaik yang mengajak kepada kebaikan. Salah satu cara yang mungkin dulakukan adalah melalui tulisan. Kita tidak punya kekuasaan untuk mengatur orang, tetapi dengan tulisan bisa memberikan pencerahan.

  • Mendapatkan pahala jariah

Pahala jariah adalah salah satu amalan yang tidak putus meskipun sudah meninggal. Jika tulisan dari jemari kita memberikan manfaat bagi orang lain, itulah pahala jariah. Kita tidak pernah tahu tulisan mana yang membawa petunjuk dan hidayah. Untuk itu, buatlah karya yang mengajak kepada kebaikan, ketaatan dan mencegah kezaliman. Jauhi yang mendatangkan maksiat dan menggiring hawa nafsu terlarang

  • Memperpanjang umur

Karena tulisan-tulisan yang kita tinggalkan menjadi catatan sejarah sepanjang masa. Meskipun raga berkalang tanah, bisa jadi karya yang kita tulis masih hidup di zaman yang telah ditinggalkan. Karya kita memberikan kemanfaatan sepanjang bumi terbentang, selalu dikenang karena menjulang kebaikan.

  • Memberi kemanfaatan tak terbatas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan