Mohon tunggu...
Sri Wangadi
Sri Wangadi Mohon Tunggu... Jurnalis - 📎Memulai dengan Bismillah

📩 swangadi27@gmail.com 🔁 KDI - BTJ

Selanjutnya

Tutup

Keamanan Pilihan

Bagaimana Komcad Bertugas di Tengah Masyarakat?

21 Oktober 2021   18:29 Diperbarui: 21 Oktober 2021   18:44 109 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber gambar: komcad.kemhan.go.id

"Aku? jadi duta shampo lain? hahaha, Ups!" Pecinta iklan pasti sudah hafal banget sama kalimat tersebut. Tapi sebenarnya kalimat itu tidak ada hubungan sama sekali dengan artikel ini sih, sebagai pemanis aja, tapi masih ada hubungannya juga dengan duta, tapi bukan Duta Sheila on 7 ya.

Oke, kita masuk saja pada inti artikel yang sebenarnya. 

Beberapa waktu yang lalu, Indonesia baru saja memiliki duta baru. Menhan Prabowo telah melantik Deddy Corbuzier menjadi duta Komcad TNI atau Komponen Cadangan dan Alhamdulillah-nya duta ini diangkat bukan setelah melanggar sebuah aturan. Biasanya kan Indonesia kayak gitu, ye kan.

Selain melantik duta komcad, anggota komponen juga telah dilantik oleh Presiden Jokowi. Menurut pemberitaan, sebanyak 3.103 telah diangkat menjadi komponen cadangan TNI.

Seluruh anggota komcad yang niat melakukan pendaftaran, seleksi, ikut pelatihan hingga ditetapkan sebagai komcad berarti sudah siap akan tugas dan tanggung jawabnya. 

Mereka yang menjadi komponen cadangan adalah benar-benar warga negara yang siap mengabdi dalam usaha pertahanan negara yang bersifat sukarela.

Lalu, bagaimana semestinya komcad ini bertugas di tengah masyarakat?

Komcad adalah program tidak wajib atau dilakukan secara sukarela berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber daya Nasional untuk Pertahanan Negara. 

Namun, meski dilakukan sukarela, mobilisasinya tidak bisa dilakukan mandiri, tetap dibawah komando TNI, yang dinyatakan oleh presiden dengan persetujuan DPR.

Artinya, anggota Komcad ini harus selalu siap siaga ketika dibutuhkan oleh negara untuk memperkuat komponen utama (TNI) serta harus memiliki dampak yang positif ditengah masyarakat. Jangan sampai memanfaatkan kekuatan yang dimiliki hanya sebagai ajang premanisme yang akan membahayakan masyarakat umum.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Keamanan Selengkapnya
Lihat Keamanan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan