Mohon tunggu...
SRI UTAMI
SRI UTAMI Mohon Tunggu... Administrasi - Administrasi Bisnis

Saya memiliki hobi mendengarkan musik dan jalan jalan

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Olahan Minuman Bunga Telang

20 September 2022   21:15 Diperbarui: 20 September 2022   21:22 31 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bunga telang merupakan bunga yang berasal dari Amerika Selatan bagian Tengah, bunga ini memiliki nama dalam bahasa Inggris, yang bernama Butterfly Pea. Bunga tela

Bunga telang merupakan bunga yang berasal dari Amerika Selatan bagian Tengah, bunga ini memiliki nama dalam bahasa Inggris, yang bernama Butterfly Pea. Bunga telang memiliki bentuk seperti kupu-kupu, maka dinamai nama latin yaitu Clitoria Ternatea, bunga ini mulai masuk ke Indonesia sejak abad ke-19. Ciri khas lainnya dari bunga telang yaitu memiliki warna biru yang cantik serta mencolok, bung aini dapat ditemui di Indonesia diberbagai wilayah, diantaranya yaitu Sumatera, Jawa, Sulawesi.

Sebutan untuk bunga telang di Indonesia, memiliki nama yang beragam diantaranya sebutan dengan bunga biru untuk wilayah Sumatera, sebutan dengan kembang teleng untuk wilayah Jawa, sedangkan sebutan bunga talang untuk wilayah Sulawesi. Bunga telang dapat hidup dan berkembang di wilayah yang tropis, sehingga Indonesia cocok untuk membudidayakan serta memanfaatkan bunga telang ini menjadi usaha masyarakat yang menguntungkan. Manfaat dari bunga telang ini diantaranya yaitu, untuk pewarna makanan, contohnya yaitu untuk pewarna pembuatan kue. Selain itu juga, bermanfaat bagi kesehatan diantaranya memperlancar haid, memperlancar pencernaan, meningkatkan kemampuan pengelihatan.

Pada artikel ini akan membahas mengenai olahan bunga telang yang dijadikan teh. Masyarakat di Tulungagung, Jawa Tengah telah memanfaatkan bunga telang ini untuk diolah menjadi bentuk teh yang berkhasiat tinggi, berikut gambar dibawah ini yaitu hasil produksi olahan teh bunga telang :

Gambar 1. Produksi Teh Bunga Telang. dokpri

Proses pengolahan bunga telang ini diawali dengan, menanam bunga telang menggunakan benihnya, pertumbuhan bunga ini harus berada dibawah sinar matahari dan rajin untuk menyiram bunga. Selanjutnya yaitu, dengan memilah kualitas bunga telang yang sudah siap untuk dapat diproses produksi. Kualitas bunga telang ini dapat dilihat dari segi warna yang sudah berwarna mencolok (biru), setelah dapat memilih kualitas bunga, selanjutnya bunga telang tersebut dikeringkan.

Apabila bunga telang tersebut sudah kering, maka selanjutnya memindahkan bunga telang yang sudah kering ke dalam kemasan, maka teh bunga telang tersebut sudah siap diproduksi. Cara menyeduhnya, yaitu dengan menuangkan air hangat dan memasukan bunga telang, apabila ingin memiliki rasa manis, maka tambahkan gula sesuai dengan selera. Olahan bunga telang ini juga, diproduksi maupun di pasarkan baik melalui online maupun secara offline, sehingga lama kelamaan masyarakat akan semakin mengenai teh bunga telang yang kaya akan khasiatnya untuk kesehatan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan