Mohon tunggu...
Sri Subekti Astadi
Sri Subekti Astadi Mohon Tunggu... ibu rumah tangga, senang nulis, baca, dan fiksi

ibu rumah tangga.yang suka baca , nulis dan fiksi facebook : Sri Subekti Astadi https://www.facebook.com/srisubektiwarsan google+ https://plus.google.com/u/0/+SriSubektiAstadi246/posts website http://srisubektiastadi.blogspot.co.id/ https://www.instagram.com/srisubektiastadi/

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Puasa Adalah Cara Mudah Menjadi Sehat

23 April 2021   22:29 Diperbarui: 23 April 2021   23:17 505 21 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Puasa Adalah Cara Mudah Menjadi Sehat
ikan tuna bumbu kuning contoh masakan menggunakan kemiri tanpa santan foto koleksi pribadi

Di  usia yang menginjak ke 56 tahun ini Alhamdulillah diriku masih diberi nikmat sehat, sehingga tetap bisa menjalankan berbagai aktifitas sendiri. Sebagai perempuan yang telah menginjak usia senja dengan berakhirnya masa menstruasi setahun yang lalu, daku harus tetap bisa menjaga kesehatan dengan makan makanan yang sehat, dan sesuai dengan kebutuhan seorang menjelang senja.

Menjaga stabilitas agar tubuh tetap sehat, tidak bisa disamakan ketika masih di usia 50 ke bawah. Makanan yang dulu dianggap menyehatkan pun sekarang harus dihindari atau paling tidak dibatasi konsumsinya. Seperti telur, daging dan seafood juga hanya bisa makan sekedarnya saja. Karena kita salah makan sedikit saja alarm tubuh akan bunyi. Misalnya kita makan daging, atau telur lebih dari sebutir sehari , pusing dan badan terasa sakit semua karena kolestelor dan asam urat yang naik.

Syukur Alhamdulillah Allah Ta'ala menjadi satu bulan dalam setahun untuk berpuasa bulan Ramadan. Sehingga tubuh kita diberi kesempatan untuk beristirahat dari kegiatan mengunyah terus-menerus. Aktifitas-aktifitas organ-organ tubuh pasti akan berteriak " Capeeek, deeh!" bila saja mereka bisa bicara, dan saat Ramadan adalah saatnya mereka untuk cuti sejenak dari kegiatan yang tak pernah henti. Dari mengunyah makanan, menyalurkan zat-zat makan ke dalam bagian-bagian tubuh, sampai memberi perintah kerja ke otak. 

Pada saat Ramadan  walaupun tidak sepenuhnya kita tidak makan minum sama sekali, karena ada saat sahur dan berbuka namun  siang hari kita mengistirahatkan organ-organ pencernaan kita. Setelah istirahat seharian sebaiknya kita masih tetap bisa menjaga agar kerja organ pencernaan pada saat berbuka puasa tidak berlebihan. Ibaratnya setelah libur sehari pekerja jangan lantas diberi pekerjaan berlipat-lipat, kalau tidak ingin tubuh kita menjadi rusak karena overload.

tetap olah raga ringan saat puasa - foto koleksi pribadi
tetap olah raga ringan saat puasa - foto koleksi pribadi
Pada saat puasa seperti ini, kita  harus waspada dengan jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Jangan sampai karena merasa lapar terus saat buka puasa makan sebanyak-banyaknya. Yang ada bukannya kita jadi sehat bisa-bisa malah skak-mat. Ada yang bilang  puasa menjadi tambah gemuk mungkin karena buka puasa seperti orang yang sedang kalap makan, kurang aktifitas fisik, kebanyakan tidur atau pemalas. Sehingga puasa bukannya menjadi sehat namun bisa berujung mendatangkan penyakit baru.

Tips yang saya lalukan untuk menjaga tubuh tetap bugar di saat Ramadan adalah:

1. Pada saat azan magrib tiba, segeralah untuk membatalkan puasa dengan minuman hangat terlebih dahulu. Bisa teh hangat yang sudah diberi seiris lemon, atau seruas jahe merah. Ditambah dengan segelas air putih dan 3 butir kurma. Hindari makan gorengan, kolak santan dan makanan yang terlalu manis-manis sebagai makanan pembuka buka puasa.

2. Segera laksanakan Salat magrib terlebih dahulu.

3. Selesai salat, baru kita lanjutkan dengan makan nasi. Tapi ingat nasinya sedikit saja ya... , kira-kita 3-5 sendok makan saja cukup, banyakin dengan sayur dan ikan, atau tempe sebagai protein yang diperlukan tubuh.  Kalau daku sendiri  sudah mulai mengurangi makan daging, dan ayam ras ( menggantinya dengan ayam kampung)  dan lauk dari nabati. Misalnya jamur merang, jamur kancing, aneka bothok seperti  : bothok mlanding, bothok cambah wuku , dan lain sebagainya. Hindari atau kurangi makanan instan dan frossen dan menggantinya dengan makanan yang fresh.

tumis sayur feet tahu daging - foto koleksi pribadi
tumis sayur feet tahu daging - foto koleksi pribadi
Bila terpaksa masak yang bersantan, ganti santan dengan F*b*r Creme atau kemiri. Seperti Ikan Tuna Bumbu Kuning yang saya masak ini, mengganti santan dengan F*b*r Creme, dan menggoreng ikan diganti dengan memasukan ke dalam oven atau air fryer atau memanggangnya.

Jamur Kancing feet Udang Saos Mentega
Jamur Kancing feet Udang Saos Mentega
4. Selesai makan biasanya, kita sudah harus ke masjid untuk melaksanan salat Terawih, jangan lupa dengan membawa minum air putih saat ke masjid.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x