Mohon tunggu...
Sri Rohmatiah Djalil
Sri Rohmatiah Djalil Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis buku Kalau Berdeda Lalu Kenapa? dan buku Isyarat Cinta Sarat Makna, Petani Padi

Setiap yang ditulis dan dibaca bermakna

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Tawas, Bahan Alami Menghilangkan Bau Badan Saya

2 Desember 2022   11:49 Diperbarui: 5 Desember 2022   17:41 336
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi: Selain menggunakan antiperspiran dan deodoran, kita juga bisa menggunakan alternatif alami sebagai cara menghilangkan bau ketiak secara alami. (sumber: SHUTTERSTOCK via kompas.com) 

Hallo, Sahabat semuanya,

Pernahkah mengalami atau bertemu dengan orang yang badannya bau menyengat? Tentu sering ya, terutama saat berada di kerumunan.

Konon bau badan disebabkan karena keringat yang berlebih, tetapi asumsi itu tidak sepenuhnya benar. Keringat yang dihasilkan oleh kelenjar kulit sebenarnya tidak berbau. 

Keringat yang berbau itu berasal dari kelenjar kulit ketiak dan selangkangan.

Jika badan kita berbau pada situasi apapun, itu artinya ada masalah medis yang harus diwaspadai. Gaya hidup tidak sehat menjadi penyebab bau badan.

Walaupun seseorang yang bau badan sudah mandi, tidak berkeringat, mereka masih tetap bau. Apalagi jika bajunya tidak ganti beberapa hari dan beberapa kali pakai.

Cara Saya Menjaga Badan agar Tidak Bau

Ketika saya menginjak remaja, ibu saya sering mengingatkan untuk menjaga badan agar tidak bau. Kata ibu saya, perempuan badannya jangan bau, malu-maluin.

Saya pun sering bertanya kenapa orang sering bau badan? Ibu hanya menekankan untuk tidak makan segala. Artinya kalau makan harus pilih-pilih, jangan semua makanan dilahap, hindari makanan yang memicu bau badan.

Ibu pun sering menyuruh saya makan air kunyit, air daun suruh, air daun sembung. Menurutnya bau badan itu berasal dari dalam, makanya harus menjaga apa yang masuk ke dalam tubuh.

Selain menjaga tubuh dari dalam, ibu pun sering menyuruh saya menjaga tubuh dari luar. Contohnya dengan mandi minimal 2 kali dalam sehari, menjaga kebersihan pakaian, terutama baju seragam sekolah.

Kita masih ingat, zaman dulu seragam hanya dua jenis saja, seragam nasional dan pramuka. Terbayang kan jika seragam itu dipakai dari hari Senin hingga Kamis, pasti bau dan kotor. Jadi setiap pulang sekolah, seragam bagian atas selalu dicuci. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun