Mohon tunggu...
Sri Rohmatiah Djalil
Sri Rohmatiah Djalil Mohon Tunggu... Wiraswasta - Ibu rumah tangga, Pengusaha

Pengusaha : Semua diusahakan @ Galeri Ridho Madiun

Selanjutnya

Tutup

Financial Artikel Utama

Suku Bunga Tabungan di Bank Nol Persen, Begini Cara Milenial Menabung

16 September 2022   13:53 Diperbarui: 22 September 2022   08:30 881 25 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi komitmen menabung. (sumber: SHUTTERSTOCK/WILLIAM POTTER via kompas.com)

Hallo, Sahabat semuanya, apa kabar?

Semoga kabar baik kita, bukan sekadar basa-basi, sejujurnya di tengah-tengah kenaikan harga BBM, kebutuhan pokok melonjak mana mungkin baik-baik saja. Apalagi mendengar kabar suku bunga di bank nol persen.

Padahal dulu kita menabung di bank pertimbangannya adalah keamanan dan nilai suka bunga. Sekarang beberapa bank menerapkan suku bunga 0-1 persen untuk produk tabungannya. Besar suku bunga tergantung dari jumlah saldo tabungan nasabah.

Beberapa bank besar telah menerapkan suku bunga 0,00 persen. Bank tersebut adalah Bank BCA, Bank BNI, Bank Mandiri, Bank CIMB Niaga, Bank Permata, hingga Bank Danamon telah memberlakukan suku bunga tabungan di bawah 1 persen.

Mengutip dari laman bankmandiri.co.id, Bank Mandiri menerapkan suku bunga 0,00 persen untuk tabungan dengan saldo kurang dari Rp 50 juta. 

Besaran bunga ini berlaku untuk produk simpanan Tabungan Rupiah, Mandiri Tabungan Investor Rupiah, Tabungan NOW, Tabungan Payroll, Tabungan Mitra Usaha, dan Tabungan TKI. 

Sementara untuk Tabungan Mandiri Bisnis suku bunga 0,00 persen jika saldo kurang dari Rp1 juta, jika saldo di atas Rp1 juta hingga Rp50 juta mendapat suku bunga 0,40 persen. 

Ada pula bank yang memberikan bunga fantastis, terutama bank digital. Sah saja dalam bisnis, mereka sedang berupaya menarik nasabah agar mau menabung di banknya. Bank tersebut memerlukan dana untuk mendukung perniagaan elektroniknya.

Ilustrasi suku bunga tabungan bank nol persen. Foto by cermato
Ilustrasi suku bunga tabungan bank nol persen. Foto by cermato

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae mengatakan, sebagaimana yang saya kutip dari kompas, simpanan di bank tersebut tidak dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Pihak bank harus menginformasikan kepada nasabah hal tersebut, jangan ada dusta di antara bank dan nasabah.

Nasabah pun perlu menyadari konsekuensinya, karena seperti kita ketahui suku bunga yang dijamin LPS maksimal 3,50 persen. Suku bunga tinggi jangan tergiur dulu, tetapi pikirkan kembali.

Alasan masih menggunakan bank meski bunga nol persen

Kendati suku bunga di bank 0,00 persen dan menyimpan uang di bank digital berisiko tinggi, kaum milenial tidak risau. Mereka tetap memakai jasa bank untuk memudahkan transaksi, bukan menabung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan