Mohon tunggu...
Sri Rohmatiah
Sri Rohmatiah Mohon Tunggu... Penulis Buku "Kalau Berbeda, Lalu Kenapa?"

Photo

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Menambah Skill Selama Ramadan, Berikut Tujuh Hal yang Harus Diperhatikan!

15 April 2021   18:40 Diperbarui: 15 April 2021   18:43 348 15 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menambah Skill Selama Ramadan, Berikut Tujuh Hal yang Harus Diperhatikan!
Ilustrasi dari hasil tangkap layar pixabay.com (perempuan sedang meningkatkan skill membaca Al-Qur'an)

Pada hakikatnya manusia memiliki potensi untuk berkembang. Baik di dunia kerja, maupun keluarga. Bahkan dalam segi agama pun, kita ingin menjadi lebih baik. Untuk berkembang diperlukan kemampuan yang harus dimiliki.

Ramadan ini menjadi momen yang tepat untuk meningkatkan skill dalam segala hal. Setiap orang tentu memiliki target yang berbeda-beda. Misalnya ada orang yang memilki target pada bulan Ramadan harus hapal Al-Qur'an 30 juz atau talaqqinya semakin bagus. Ada juga yang memiliki target puasanya tamat. Apapun targetnya harus ada sedikit usaha.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kita ingin menambah skill dalam bidang apapun.

  • Lakukan Perubahan

Meningkatkan kemampuan dalam segala hal, kita harus memerlukan perubahan. Perubahan sekecil apapun akan berpengaruh pada kualitas diri, dan mengubah pandangan orang lain terhadap diri kita.

Misalnya, saya memiliki target, selama bulan Ramadan harus bisa membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Apa yang harus saya lakukan? Tentu harus banyak belajar. Selama Ramadan atau bahkan setelahnya, saya harus belajar talaqqi kepada guru yang mumpuni di bidang Talaqqi.

  • Konsentrasi

Memiliki target terutama pada bulan Ramadan yang waktunya hanya 30 hari. Kita harus benar-benar fokus pada target dan pencapaian. Meningkatkan konsentrasi bukan hal yang sekaligus. Karena ada kebiasaan yang harus diubah.

Misalnya, selama Ramadan saya memiliki target harus hatam tiga puluh juz. Sebelum bulan Ramadan tiba, saya hanya membaca Al-Qur'an satu hari satu halaman dengan waktu setelah salat Subuh.

Ketika dalam satu bulan harus tamat tigapuluh Juz. Saya harus konsentrasi untuk lebih banyak membaca Al-Qur'an.

  • Latihan

Bisa tidak ada yang tiba-tiba. Harus melalui latihan. Untuk menjadi bisa kita harus meluangkan waktu untuk latihan.

Seperti yang telah saya katakana di atas, saya memiliki target bulan Ramadan harus bisa membaca Al-Quran yang baik dan benar. Caranya harus belajar talaqqi. Untuk belajar talaqqi, tidak bisa hanya mendengarkan, tetapi ada proses latihan, latihan dan latihan.

Dalam beberapa kali, saya harus melihat, mendengarkan seorang ustazah membacakan setiap huruf hijaiyah. Setelah itu saya harus fokus latihan menirukan pembelajaran yang telah diberikan.

  • Jauhkan diri dari hp

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x