Mohon tunggu...
Sri Rahayuni
Sri Rahayuni Mohon Tunggu... Womanprener

Aku berfikir maka aku berdzikir

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Milenial Wajib Tahu! Inilah Peluang dan Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0 dan Cara Mengatasi Dinamika Tersebut

27 Januari 2020   01:39 Diperbarui: 27 Januari 2020   02:03 33 0 0 Mohon Tunggu...

Di era awal kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia Munculnya perang ideologi antara komunis, kapitalis, agamis dan nasionalis. Dan posisi islam menjadi melemah tidak mempunyai kekuatan politik, karena dalam hal ini OKI tidak berperan.

Dalam Buku Revolusi Industri 4.0 ditengah Society 5.0 karya Hasna Wijayanti bahwa Revolusi Industri 4.0 muncul ketika perwakilan ahli dari berbagai bidang di Jerman muncul dalam acara Hannover Trade Fair pada tahun 2011. Mereka memaparkan bahwa Industri saat itu sudah memasuki era baru dengan ditandai produksi secara cepat. Contohnya Internet Of Things (IOT), big data, percetakan 3D, robot, mesin pintar.

Menurut para ahli yang telah meneliti bahwa di era Revolusi Indistri 4.0 akan menghancurkan pekerjaan 52,6 juta. Mengapa demikian karena di era ini yang dibutuhkan dalam persaingan dunia kerja itu hanyalah mesin robot bukan manusia. Dampak dari RI 4.0 ini tentu akan terjadinya perubahan sosial.
Misalnya dalam pendidikan semakin majunya Ilmu Pengetahuan dan teknologi. Dampak lain akan banyaknya tantangan yang dihadapi masyarakat atau kaum millenial sekarang, contohnya gedung-gedung yang kita bangun (kampus) akan hangus karena kuliah sudah bisa via online sehingga munculnya interaksi yang terbatas dan kebenaran menjadi subjektif. Dunia perbankan akan tergusur karena yang dibutuhkan mesin pintar bukan manusia sehingga peran manusia menjadi minim dan munculnya krisis jiwa kemanusiaan.

Lalu bagaimana Doktrin Islam menanggapi dan memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut ??
1. Memunculkan aspek-aspek kemanusiaan sebagai kebijakan politik
2. Menjadikan nilai-nilai Islam sebagai pedoman hidup berkenegaraan.
Selain itu, berikut ada beberapa ancaman dan peluang yang harus kaum millenial ketahui untuk menhalankan masadepan kehidupan di era ini. beberapa pekerjaan yang akan terancam di era RI 4.0 diantaranya :
1. Wartawan
2. Perusahaan dibidang industri otomotif
3. Perusahaan dibidang industri ritel
4. dibidang hukum
5. Dibidang finteck
6. Dibidang sales
7. Dibidang logistik, manufaktur
Dan beberapa pekerjaan yang dibutuhkan di era RI 4.0 adalah :
1. Penulis
2. Pekerja Sosial
3. Pengacara
4. Pemuka Agama
5. Event Organizer
6. Manajer SDM
7. Psikiater
8. Desain Grafis
9. Koreografer
10. Pengembang Perangkat Lunak


Nde Sri Rahayuni

VIDEO PILIHAN