Mohon tunggu...
Sri PujiLestari
Sri PujiLestari Mohon Tunggu... Guru - guru

voli

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Kegiatan Meronce dengan Media Sedotan Disukai Anak

7 September 2022   21:28 Diperbarui: 7 September 2022   21:59 937 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan meronce adalah Kegiatan menyusun benda atau merangkai berbagai benda menjadi satu dengan menggunakan seutas tali atau benang. Kegiatan meronce ini bisa melatih kesabaran anak, melatih ketelitian anak dan melatih gerakan yang terkoordinasi antara mata dan tangan. 

Meronce dengan sedotan ini selain bisa digunakan untuk membuat kalung bisa juga untuk membuat gelang dan hiasan-hiasan lainya. Kegiatan meronce ini ada banyak manfaat khususnya bagi anak usia dini yang  gemar bermain dengan berbagai macam media misalnya sedotan, yang mudah untuk di dapatkan dan warnanya bisa beraneka warna.

Kegiatan belajar meronce pada Anak usia dini dapat membantu anak dalam belajar, terutama membaca. Anak bisa fokus dalam meronce, pandangan anak bisa tertuju pada media yang di gunakan. Dengan meronce dapat melatih kreatifitas Anak, mulai dari memilih warna, menyusun atau merangkainya supaya bisa terlihat indah.

Meronce merupakan sebuah seni yang memperhatikan bentuk, warna, ukuran dari sedotan yang digunakan. Meronce bukan hanya anak memasukkan berbagai sedotan kedalam benang atau tali, namun anak bisa belajar sambil berhitung selama memasukkan sedotan kedalam benang atau tali. Anak juga mampu mengenal dan membedakan dari warna sedotan tersebut.

Anak-anak sangat membutuhkan kosentrasi ketika memasukkan sedotan ke dalam tali, karena memasukkan tali kedalam sedotan merupakan kegiatan yang tidak mudah untuk anak usia dini. Melatih fokus dari belajar meronce pada anak usia dini anak bisa terbiasa fokus atau memudahkan anak dalam belajarnya.

Disini banyak sekali manfaat meronce dengan sedotan untuk anak. Yaitu dengan mempelajari cara meronce sendiri anak dapat meningkatkan kemampuanya untuk lebih tekun, serta koordinasi antara mata dan jari tanganya.

Cara dalam meronce, siapkan bahan dan alatnya. Misal sedotan, tali dan gunting. Pertama potong dulu talinya sesuai yang kita inginkan atau yang sesuai dengan apa yang mau kita buat. Kedua potong kecil --kecil sedotan sesuai dengan yang kita inginkan. 

Ketiga bagian ujung benang kita tali supaya sedotan tadi tidak lepas. Keempat masukkan sedotan tersebut sesuai yang kita inginkan dan yang terakhir kita ikat antara ujung tali.

Oleh karena itu, mari bunda dirumah kita ajarkan anak untuk meronce mulai dari media yang termudah dan termurah yaitu dengan sedotan.

Selamat mencoba terimakasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan