Mohon tunggu...
Sri Pujiati
Sri Pujiati Mohon Tunggu... Buruh - Nothing

Jepara, Jawa Tengah

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Mendapat Perlakuan Tidak Adil di Tempat Kerja, Harus Bagaimana?

5 Juli 2022   10:42 Diperbarui: 5 Juli 2022   21:01 497 18 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ilustrasi bergosip (Sumber gambar: DragonImages via lifestyle.kompas.com) 

Dunia kerja memang penuh dengan dinamika dan ada saja hal tak terduga yang terjadi di tempat kerja. Dunia kerja memang penuh dengan kejutan dan perlu mental yang kuat untuk bisa bertahan di tempat kerja. 

Dunia kerja sangat berbeda dengan dunia sekolah yang bisa seenaknya saja, bisa bolos kalo lagi malas ke sekolah atau pulang cepat. 

Di dunia kerja kita tidak mengenal hal-hal seperti itu. Karena dunia kerja penuh dengan tidak semudah yang kita bayangkan ketika duduk di bangku sekolah. 

Kita tidak bisa hanya bekerja mendapat gaji terus bisa liburan atau bersenang-senang. Kenyataannya di dunia kerja tidak se-simple itu, tapi dunia kerja jauh lebih kompleks dan ribet dengan permasalahan yang bisa dibilang rumit sih. 

Salah satu hal yang mungkin bisa terjadi di dunia kerja adalah perlakuan tidak adil dari atasan maupun rekan kerja kita sendiri. 

Terkadang ada beberapa orang yang mendapat perlakuan lebih atau istimewa dari atasan maupun rekan kerja. 

Jika di sekolah kita tahu lah biasa orang yang mendapat perlakuan istimewa itu adalah mereka yang berprestasi, tetapi di dunia kerja lain cerita. Bukan mereka yang berprestasi tetapi mereka yang pandai mengambil hati. Bisa dibilang mereka yang pekerjaannya biasa-biasa saja namun pandai mengambil hati bisa mendapatkan perlakuan istimewa dari atasan.

Dunia kerja memang tidak seindah dunia sekolah, di mana yang berprestasilah yang bisa mengambil hati. Namun di dunia kerja yang kita dapati terkadang berbeda. Bukan yang berprestasi yang bisa mengambil hati, tetapi mereka yang pintar dalam memanfaatkan kondisi yang bisa mengambil hati atasan. Bisa dibilang atasan bersikap pilih kasih terhadap karyawannya.

Karena kondisi demikianlah maka terkadang sering kita dapati perlakuan yang tidak adil antar pegawai di tempat kerja. Mereka yang dekat dengan atasan akan mendapat perlakuan lebih atau istimewa. Sedangkan mereka yang bekerja keras justru semakin diperas dan tidak mendapat perhatian lebih dari atasan. Jika kalian mendapat perlakuan seperti ini, bagaimana harus menyikapinya. 

Apakah kita harus protes dan marah-marah kepada atasan atau bagaimana harus bersikap? Berikut hal-hal yang bisa kita lakukan jika mendapat perlakuan tidak adil di tempat kerja. 

Pertama, berpikir positif ketika menerima perlakuan tidak adil tersebut

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan