Mohon tunggu...
Sri Pujiati
Sri Pujiati Mohon Tunggu... Buruh - Nothing

Jepara, Jawa Tengah

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Bagaimana Cara Mengubah Rasa Iri Menjadi Rasa Percaya Diri?

18 September 2021   00:12 Diperbarui: 18 September 2021   15:41 505 21 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagaimana Cara Mengubah Rasa Iri Menjadi Rasa Percaya Diri?
Ilustrasi percaya diri | Foto oleh Engin Akyurt dari Pexels

Ketika kita masih duduk di bangku sekolah, atau sampai selama kita hidup sampai sekarang, kita pasti pernah merasa iri dengan orang lain. Baik itu dengan teman, tetangga, maupun saudara. Mungkin pernah terbersit di pikiran kita mengapa sih mereka terlihat lebih beruntung daripada kita. 

Misalnya saja ketika kita memiliki teman yang lebih kaya, pinar atau lebih cantik. Mungkin kita pernah berpikir mengapa aku tidak diciptakan seperti mereka ya. Mengapa kehidupan teman- teman saya sepertinya lebih indah dan lebih menyenangkan. Mengapa saya tidak bisa seperti mereka. 

Pemikiran-pemikiran seperti itu mungkin pernah mampir dalam hati kita meski hanya sebentar. Sebagai manusia memiliki pemikiran teersebut mungkin wajar. Karena kita adalah manusia biasa yang tidak sempurna. Perasaan iri dengan orang lain mungkin pernah kita alami. 

Yang menjadi tidak wajar adalah ketika kita membiarkan perasaan iri tersebut semakin berlarut-larut. Perasaan iri yang dibiarkan terus-menerus akan berdampak tidak baik untuk pribadi diri kita sendiri. Perasaan iri tersebut akan membuat kita lupa dengan apa yang kita miliki karena kita terlalu fokus dengan apa yang dimiliki oleh orang lain. 

Tentu perasaan iri itu tidak baik bagi diri kita dan justru akan membuat kita menjadi minder atau tidak percaya diri dengan kemampuan dan kelebihan yang kita miliki. Hal ini dikarenakan karena kita selalu membandingkan diri kita dengan orang lain. Tentu perasaan iri ini harus segera dihentikan. Karena perasaan iri berdampak tidak baik bagi kehidupan kita dan hanya akan mengganggu pikiran kita. 

Lalu bagaimana cara mengubah rasa iri terhadap orang lain menjadi rasa percaya diri pada diri sendiri? Berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar kita tidak terjebak dalam perasaan iri yang berkepanjangan 

Pertama, menyadari bahwa perasaan iri adalah sifat yang tidak baik

Untuk mengatasi perasaan iri, hal pertama yang bisa kita lakukan adalah menyadari bahwa perasaan iri itu tidak baik. Iri atau dengki merupakan sifat tercela yang harus dihindari. Tentu kita tahu bahwa perasaan iri hanya akan berdampak buruk bagi diri kita sendiri. Untuk itu kita harus membuang sifat iri tersebut untuk menumbuhkan rasa percaya diri. 

Perasaan iri membuat kita merasa minder dan hal itu akan membuat kita merasa kurang dengan apa yang kita miliki. Padahal setiap orang tentu diberi kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga tidak ada manusia yang sempurna. Perasaan iri hanya membuat hidup kita menjadi tidak nyaman. Karena kita selalu membandingkan diri kita dengan orang lain. 

Bukankah ad apepatah yang mengatakan bahwa iri adalah tanda tak mampu. Pepatah tersebut benar adanya. Merasa iri berarti menunjukkan bahwa kita tidak mampu. Untuk itu sebelum perasaan iri tumbuh dan berkembang, sebaiknya kita harus segera menghentikannya. 

Kita harus menyadari bahwa iri itu merupakan perbuatan yang tidak baik. Dengan menyadari hal tersebut, maka kita tidak akan memelihara perasaan iri tersebut dalam hati kita. Karena iri hanya akan menghancurkan diri kita sendiri dan membawa dampak buruk bagi kehidupan kita. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan