Mohon tunggu...
Sri Pujiati
Sri Pujiati Mohon Tunggu... Buruh - Nothing

Jepara, Jawa Tengah

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Artikel Utama

3 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Presentasi

27 Juli 2021   12:09 Diperbarui: 5 Agustus 2021   06:07 449 24 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
3 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Presentasi
Ilustrasi seseorang yang sedang melakukan presentasi | Sumber: Freepik 

Presentasi merupakan kegiatan yang sudah sering kita lihat dan dengar. Presentasi merupakan kegiatan menyampaikan hasil dari pekerjaan yang telah kita lakukan di depan banyak orang. Tujuannya tentu agar orang lain tahu apa yang kita sampaikan. 

Kegiatan presentasi tidak hanya dilakukan di dunia kerja, namun juga di bangku sekolah dan kuliah. 

Di bangku sekolah, kegiatan presentasi tidak sesering di bangku kuliah, karena pembelajaran di bangku sekolah lebih banyak mendengarkan penjelasan dari guru. Sedangkan di bangku kuliah, kegiatan pembelajaran dilakukan dua arah dan memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk menyampaikan apa yang mereka temukan. 

Meski sudah tidak asing dengan presentasi, namun masih banyak yang masih grogi untuk tampil di depan banyak orang, apalagi tampil di hadapan penguji. Pasti sudah gemetaran dan membuat pikiran buyar serta blank . 

Hal itu sepertinya wajar saja jika belum terbiasa untuk tampil di depan banyak orang. Untuk itu perlu adanya persiapan sebelum mempresentasikan hasil karya kita guna meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi ketika presentasi nanti. 

Menguasai materi adalah hal yang paling penting dalam presentasi 

Sebelum melakukan presentasi tentu kita perlu melakukan persiapan agar presentasi yang kita lakukan bisa berjalan lancar dan tidak mengecewakan. 

Dalam hal presentasi hal utama yang paling penting adalah menguasai materi yang akan kita presentasikan nanti. Karena ibarat makanan, materi yang akan kita sampaikan adalah hidangan utama yang paling dinantikan. Untuk itu menyiapkan materi yang akan kita sampaikan harus benar-benar kita kuasai. 

Untuk menguasai materi, kita bisa membaca buku atau mencari materi dari website. 

Sebenarnya saat membuat slide presentasi, kita sudah merancang untuk menyampikan poin-poin yang akan kita sampaikan nanti. Namun mencari materi tambahan juga harus dilakukan agar kita bisa menyampaikan dengan lebih baik dan tentu saja tidak membosankan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x