Mohon tunggu...
Sri Pujiati
Sri Pujiati Mohon Tunggu... Nothing

Jepara, Jawa Tengah

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Pentingnya Mengajarkan Kepada Anak tentang Pekerjaan Rumah Tangga

21 Juni 2021   22:50 Diperbarui: 22 Juni 2021   05:58 591 21 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Mengajarkan Kepada Anak tentang Pekerjaan Rumah Tangga
Ilustrasi mengajarkan anak mencuci piring setelah makan. Sumber: staticnak1983 via parapuan/Kompas.com

Pekerjaan rumah tangga merupakan pekerjaan yang dilakukan setiap hari untuk menjaga kebersihan dan kerapian  rumah. Pekerjaan rumah tangga ini biasanya meliputi menyapu dan mengepel lantai, mencuci, memasak dan pekerjaan lainnya. 

Selama ini pekerjaan rumah tangga memang menjadi tanggung jawab orangtua. Sehingga orangtua lah yang mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga tersebut.

Meski menjadi tanggung jawab orangtua, namun tidak ada salahnya jika mengajarkan pekerjaan rumah tangga kepada anak. Mengajarkan kepada anak mengenai pekerjaan rumah tangga ini bisa dimulai dari pekerjaan rumah tangga yang ringan dan kecil seperti menyapu dan mengepel.

Ini merupakan salah satu contoh pekerjaan rumah tangga yang ringan dan tidak memberatkan. Untuk anak , saya kira itu tidak terlalu berat.

Mengajarkan mengenai pekerjaan rumah tangga menurut saya itu merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Waktu saya amsih duduk di bangku SD dulu, saya ikut membantu menyapu halaman dan terkadang mencuci baju. Di era digital seperti sekarang, mungkin anak lebih suka memegang gadget daripada melakukan pekerjaan rumah tangga. 

Untuk itu penting kiranya orangtua sekarang mengajarkan kepada anak untuk melakukan pekerjaan rumah tangga di rumah. Agar mereka bisa mengurangi penggunaan gadget dan bisa bertanggung jawab dengan pekerjaan yang dilakukannya. Selian itu ada beberapa alasan lainnya mengapa mengajarkan pekerjaan rumah tangga kepada anak itu penting. 

Pertama, melatih anak untuk mandiri dan bertanggung jawab

Alasan pertama mengapa mengajarkan pekerjaan rumah tangga kepada anak itu penting adalah dapat melatih anak untuk mandiri dan bertanggung jawab. Hal ini tentu tidak dapat dipungkiri, karena ketika anak diberi tanggung jawab untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga, maka anak akan mengerjakannya. Hal itu bisa melatih anak untuk mandiri dan bertanggung jawab dengan tugas yang diberikan kepadanya. 

Menjadi anak yang mandiri tentu penting. Misalnya ketika orangtua pergi bekerja dan anak terpaksa harus ditinggal di rumah, tentu melakukan pekerjaan rumah tangga harus dilakukan sendiri. 

Atau ketika nanti anak beranjak dewasa dan harus menempuh pendidikan di luar kota atau ke pesantren. Tentu anak harus hidup mandiri karena jauh dari kedua orangtua. 

Anak harus terbiasa melakukan pekerjaan rumah tangga sendiri mulai dari menyapu,mencuci bahkan memasak. Jika sejak kecil anak sudah diajarkan untuk melakukan pekerjaan rumah tangga tentu mereka tidak akan kaget dan bisa melakukannya dengan mudah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x