Mohon tunggu...
Sri Pujiati
Sri Pujiati Mohon Tunggu... PNS - Nothing

Jepara, Jawa Tengah

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Tips Sederhana agar Bisa Produktif Menulis

4 Juni 2021   22:45 Diperbarui: 4 Juni 2021   22:45 190
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: kumparan.com

Menulis merupakan hobi yang tidak semua orang menyukainya. Karena menulis membutuhkan waktu dan inspirasi. Namun bagi yang sudah menjalaninya, menulis bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Selain untuk menyalurkan hobi, menulis juga bisa menjadi terapi untuk menghilangkan stres dan menyalurkan apa yang ada dalam pikiran menjadi sebuah tulisan. Menulis juga bisa menjadi hobi yang cukup menjanjikan karena dengan menulis kita bisa menghasilkan karya seperti puisi, cerpen, artikel dan masih banyak lagi karya yang bisa lahir dari sebuah tulisan.  

Seperti saya misalnya. Meski masih dalam tahap belajar, saya merasakan beberapa manfaat  yang saya dapatkan dari menulis terutama setelah bergabung dengan Kompasiana. di Kompasiana ini, saya mulai rutin untuk menulis meski tidak setiap hari, tapi lumayan lah setidaknya seminggu saya bisa menulis tiga sampai empat artikel di Kompasiana. Meski tulisan saya belum sebagus banyak Kompasianers di sini, namun saya  bersyukur bisa menyalurkan hobi saya di Kompasiana ini. Selain itu, saya bisa mengisi waktu untu hal yang bermanfaat seperti menulis. 

Sebagai seseorang yang baru  belajar menulis, tentu saya berharap hal ini bisa saya lakukan dengan konsisten dan istiqomah. Karena masih amatiran saya tentu membutuhkan inspirasi agar bisa terus menulis. Saya memilki tips sederhana agar bisa produktif menulis terutama menulis di Kompasiana ini. 

Pertama, Menulis sesuai dengan bidang yang dikuasai 

TIps pertama yang perlu dilakukan adalah menulis sesuai dengan bidang yang dikuasai. Misalnya jika kamu suka jalan-jalan, kamu bisa menuliskan pengalaman traveling kamu menjadi sebuah  artikel. Atau misalnya kamu memiliki hobi memasak, kamu bisa berbagi tips cara membuat masakan tertetnu dalam sebuah artikel. Menulis sesuai dengan bidang yang dikuasai akan membuat  kamu bisa menulis dengan baik karena kamu menguasai betul bidang tersebut. Sehingga kamu hanya butuh sedikit referensi untuk ditambahkan pada tulisanmu. 

ketika menulis sesuai dengan bidang yang dikuasai akan membuat tulisanmu lebih berkualitas karena kamu benar-benar menguasainya. Jika kamu menguasai beberapa bidang itu juga tidak masalah. Misalnya kamu suka menulsi tentang olahraga dan dunia hiburan. Itu tidak masalah. 

Kalau saya lebih suka menulis tentang hiburan terutama film dan drama yang sedang tayang. Sehingga saya ahrus menonton drama atau film terdahaulu untuk mendapatkan inspirasi dalam menulis. Ini merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan karena saya bisa menuangkan apa yang saya tonton dalam bentuuk tulisan. Menonton drama dan menulis adalah kombinasi yang  saya sukai. Dan sejauh ini banyak tulisan saya yang berisi tentang review drama maupun film. 

Karena bidang tersebut yang saya sukai, saya jadi lebih mudah untuk menuliskannya. Jika ada drama yang baru, maka saya akan menontonnya dan membuat  review tentang film atau drama tersebut. Tentu saja saya juga mencari informasi tentang film atau drama tersebut untuk menambah informasi agar artikel yang saya buat bisa lebih akurat. 

Kedua, update berita terkini yang  sedang terjadi 

Cara sederhana yang kedua adalah kamu bisa update tentang berita terkini. Tentang banyak hal yang mungkin sedang banyak dibicarakan oleh orang. Kamu bisa mendapatkan update berita terkini dengan mudah karena di era digital seperti sekarang ini, penyebaran berita bisa mudah ditemukan. Baik itu melalui media sosial, televisi, koran dan lain sebagainya.  Dari berita terkini, kamu bisa menuliskan sebuah artikel. Tentu dengan begitu kita bisa menulis artikel sesuai dengan berita terkini. Seperti yang kita tahu hampir setiap hari ada saja berita yang membuat heboh dan banyak dibicarakan oleh ornag lain. Kamu bisa membuat tulisan dari berita tersebut sesuai dengan gaya kepenulisanmu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun