Mohon tunggu...
Sri Pujiati
Sri Pujiati Mohon Tunggu... PNS - Nothing

Jepara, Jawa Tengah

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Pendidikan bagi Perempuan Bukan Sekadar untuk Mencari Pekerjaan

6 April 2021   23:54 Diperbarui: 7 April 2021   22:23 813
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pentingnya pendidikan bagi perempuan (Sumber: Unsplash.com/Lucrezia Carnelos)

Dulu ada tetangga saya yang pernah bilang, "Ngapain perempuan sekolah tinggi-tinggi toh akhirnya bakal di dapur juga." Mendengar perkataan tersebut, aku hanya tersenyum menanggapinya. Karena waktu itu aku masih kecil dan baru duduk di bangku SMA. 

Setelah dewasa aku baru memahami kenapa pendidikan itu sangat penting untuk perempuan. Aku melihat teman-teman sekolahku yang hanya lulus SMP lalu bekerja menjadi ART atau sebagai pelayan toko, kemudian mereka menikah dan mempunyai anak. 

Saya melihat bagaimana mereka mendidik anak-anak mereka dan itu membuat saya prihatin. Tingkat pendidikan yang rendah tentu berpengaruh pada cara mereka dalam mendidik anak. Hal ini karena pengetahuan dan wawasan mereka terbatas, sehingga mereka mendidik anak pun sekedarnya atau ala kadarnya. 

Potret Pendidikan Perempuan di Tempat Saya 

Dulu setelah lulus SMP, saya juga ingin bekerja karena kemampuan ekonomi keluarga yang tidak mencukupi dan kekurangan. Sehingga saya tidak punya cita-cita untuk melanjutkan sekolah apalagi sampai kuliah. 

Namun ada sosok baik hati yang mengulurkan bantuannya sehingga saya bisa melanjutkan sekolah lanjutan. Sebuah berkah yang luar biasa yang saya syukuri hingga saat ini, karena hal itu lah saya bisa sampai di titik ini. 

Mungkin itulah yang dirasakan teman-teman saya dahulu, karena keterbatasan ekonomi, sehingga mereka tidak bisa melanjutkan sekolah dan akhirnya bekerja sebagai ART atau pekerjaan lainnya yang gajinya tak seberapa. 

Sebenarnya melihat tersebut, saya merasa miris. Bagaimana tidak, di usia yang masih belia, mereka harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Padahal seharusnya mereka bisa menikmati masa-masa sekolah yang indah dan bisa mengejar impian mereka. 

Selain masalah ekonomi yang terbatas, masih banyak orang di tempat saya tinggal yang menganggap bahwa perempuan tidak perlu sekolah tinggi-tinggi karena mereka toh bakalan menjadi ibu rumah tangga. Masih banyak yang belum mengerti dan memahami betapa pentingnya pendidikan. 

Namun seiring perkembangan waktu, pandangan seperti itu agak berubah. Hal itu bisa terlihat dari semakin banyaknya anak-anak yang mengenyam pendidikan di perguruan tinggi atau kuliah, terutama anak perempuan. 

Tentu saya berharap hal ini bisa berkembang dan akan semakin banyak yang menyadari betapa pentingnya pendidikan bagi kaum perempuan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun