Mohon tunggu...
Sri Pujiati
Sri Pujiati Mohon Tunggu... Nothing

Jepara, Jawa Tengah

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Mengenal Halo Effect, Kesan Pertama yang Menentukan

4 April 2021   18:47 Diperbarui: 4 April 2021   22:30 700 15 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Halo Effect, Kesan Pertama yang Menentukan
Ilustrasi karyawan baru (Martin Barraud/Getty Images)

Baru pertama ketemu tapi rasanya udah klik dan nyaman sama seseorang. Atau sebaliknya, baru pertama bertemu sudah tidak respect dan tidak suka dengan orang tersebut. Mungkin sebagian besar dari kita pernah mengalami hal seperti ini. Menilai seseorang dari kesan pertamanya. 

Melansir dari Tirto.idhalo effect adalah istilah dalam bidang psikologi untuk menyebut fenomena kemunculan penilaian terhadap karakter kepribadian seseorang berdasarkan kesan pertama saat pertama kali bertemu.

Kesan pertama ini sangat menentukan penilaian seseorang tersebut dan memengaruhi penilaian terhadap keseluruhan karakter seseorang, padahal kita belum mengenalnya lebih jauh. Namun kita sudah menyimpulkan karakter seseorang tersebut dengan menilainya dari kesan pertama. Padahal penilaian kita terhadap orang lain tersebut belum tentu benar. 

Kesan Pertama yang Menentukan 

Beberapa waktu lalu, seorang teman curhat kepada saya. Dia bilang bahwa dia tidak suka dengan pegawai baru karena kesan pertama yang dia terima tidak bagus. 

Kesan pertama ini ia lihat dari gaya bicaranya dan tingkah lakunya yang menurut dia tidak bagus. Dan sejak itu dia pun merasa tidak suka dengan pegawai baru tersebut. 

Meskipun dia berusaha untuk mencoba membaur dengan pegawai baru tersebut, namun tetap saja kesan pertama yang dia terima begitu melekat dan itu tidak mengubah penilaiannya kepada pegawai baru tersebut. 

Bahkan setelah berbulan-bulan dia mengenal pegawai tersebut. Dia tetap menilai bahwa pegawai baru tersebut tidak memiliki attitude yang bagus dan dia tetap tidak suka dengan sikap dan perilakunya. 

Dari sini saya tahu bahwa halo effect bisa membuat kita bisa menilai seseorang dari pertemuan pertama. Namun penilaian kita terhadap seseorang bisa saja berubah tergantung dari orang tersebut. Jika dia bisa mengubah kesan pertama yang diterima maka kita juga bisa mengubah penilaian kita terhadapnya. 

Apa yang dialami oleh teman saya mungkin juga pernah dialami oleh sebagian dari diri kita. Terjebak dengan penilaian dari pertemuan pertama. Mungkin karena itulah ada yang menyebut jika kesan pertama itu begitu penting. 

Ya, kesan pertama memang begitu penting namun penilaian seseorang terhadap kesan pertama hanya bersifat sementara. Jika sifat aslinya tidak sesuai dengan kesan yang dia tampakkan saat pertemuan pertama maka penilaian seseorang terhadapnya bisa berubah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN