Mohon tunggu...
Sri Pujiati
Sri Pujiati Mohon Tunggu... Nothing

Jepara, Jawa Tengah

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Mengenal Kejahatan "Molka" dalam Film "Miss and Mrs Cops"

19 Februari 2021   12:19 Diperbarui: 19 Februari 2021   12:54 136 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Kejahatan "Molka" dalam Film "Miss and Mrs Cops"
poster film Mrs and Miss Cops. sumber: CJ Entertainment 

Film yang dibintangi Lee Sung Kyung dan Ra Mi Ran ini merupakan film yang menceritakan tentang dua anggota polisi yang harus di bidang layanan pengaduan. Lee Sung Kyung berperan sebagai Cho Ji Hye anggota polisi yang harus menjalani hukuman disiplin sehingga dipindahkan ke layanan pengaduan. Sedangkan Ra Mi Ran yang berperan sebagai Park Mi Young juga harus bertugas di tempat yang sama karena ia sudah melahirkan. Meskipun mereka saudara ipar, tetapi mereka tidak pernah akur baik itu saat di rumah maupun saat bertugas di kantor. 

Kehidupan mereka berubah saat suatu hari ada gadis yang akan melakukan pengaduan namun kemudian dia ketakutan dan akhirnya bunuh diri ketika mendengar segerombol pemuda. Kejadian itu pun membuka sebuah kasus yang selama ini belum ditangani oleh kepolisian atau dianggap remeh. petualangan dua anggota polisi pun dimulai. 

Mengenal Molka? 

Kasus ini berawal dari seorang gadis yang bunuh diri dengan menabrakkan diri pada kendaraan dan mengalami koma. Setelah diselidiki lewat HP korban yang tertinggal ternyata ada sebuah video korban dalam kondisi mabuk dan video tersebut akan segera disebarkan lewat jaringan online dengan menunggu 30 ribu like. Setelah itu pelaku akan menguploadnya secara utuh. Kejahatan ini disebut dengan molka.

Dari film ini saya baru tahu apa itu molka? Molka merupakan aksi merekam secara diam-diam seseorang tanpa sepengetahuan orang tersebut kemudian menyebarkan video tersebut. Kejahatan molka ini merupakan kejahatan yang serius. Karena bisa menyebabkan korbannya menjadi depresi hingga akhirnya bunuh diri. Aksi merekam ilegal ini mungkin sudah sering kita dengar di negeri Korea Selatan. Banyak kasus yang serupa dan hal ini tentu bukan hal yang remeh. Aksi kejahatan ini tentu menimbulkan keresahan bagi para wanita terutama si korban. Tentu tindak kejahatan ini dilakukan secara berkelompok yang biasanya dilakukan untuk mencari keuntungan dan kepuasaan pribadi. 

Kasus dalam film ini mirip dengan kejadian Burning Sun yang terjadi pada 2018 lalu. Kasus yang menyeret beberapa nama selebritas Korea seperti Seungri bigbang. Dilansir dari Wikipedia, kasus ini semakin memanas setelah CEO Burning Sun Lee Mun Ho, menyebut beberapa selebritas lainnya seperti  Jung Joon Young, Choi Jong Hoon FT Islands, Lee Jong Hyun CN Blue. Meski syuting film ini dilakukan jauh sebelum kasus ini beredar di media. Kasus Burning Sun ini menguap sejak bocornya grup percakapan yang diduga berisi kalangan selebritas. Di mana mereka membagikan video asusila yang dibagikan lewat grup tersebut. 

Seperti dalam film tersebut, yang memperlihatkan bagaimana mereka mendekati korban kemudian melakukan aksinya untuk mendapatkan keuntungan. kasus yang awalnya dianggap remeh ini kemudian ternyata memiliki jaringan luas yang tidak hanya terlibat kasus ini saja. Tetapi juga kasus lainnya seperti pengedaran narkoba, prostitusi dan pemerasan. 

Di tahun 2020 lalu juga Korea Selatan menayangkan drama tentang prostitusi anak di bawah umur lewat drama Extracurriccular. Dalam drama ini ditayangkan bagaimana mereka menjalankan prostitusi secara online dan pelakunya adalah anak di bawah umur. Korea Selatan memang dikenal dengan skenarionya yang terinspirasi dari kisah nyata. Dalam film ini juga sepertinya mereka terinspirasi dari kasus yang terjadi di Korea Selatan. 

Film Aksi Bebalut Komedi 

Meskipun penuh aksi namun film ini juga menyuguhkan komedi yang membut penonon bisa tertawa. Komedi ini bisa menghibur di tengah adegan perkelahian antar pemain. Komedi yang disuguhkan begitu pas hingga bisa menggelitik hati penonton. Adegan komedi benar-benar tidak disangka dan seperti plot twist namun lucu dan sebagai penonton tentu tidak menyangka dengan aksi kocak para pemainnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x