Mohon tunggu...
Sri Pujiati
Sri Pujiati Mohon Tunggu... penyuka kopi

penulis amatir

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Tak Hanya Fisik, Hati Juga Perlu Dijaga

30 Oktober 2020   15:59 Diperbarui: 30 Oktober 2020   16:04 17 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tak Hanya Fisik, Hati Juga Perlu Dijaga
image from republika.co.id

Sebagai umat Islam tentu kita tahu bahwa Nabi Muhammad merupakan nabi terkahir yang diutus oleh Allah untuk menyempurnkaan akhlak manusia, membawa umat manusia menuju jalan yang terang dan mengangkat umat dari jaman jahiliyah atau kebodohan. Beliau merupan telaadan bagi kita semua sebagai umatnya. Tidak hanya pemimpin agama beliau juga menjadi sosok pemimpin bagi negara. Sikap dan tutur kata beliau merupakan teladan bagi seluruh umat. Banyak kisah yang menyebutkan bagaimana mulianya beliau. Sebagai uamtnya tentu wajib bagi kita unutk meneladani sifat-sifat beliau dan mencontoh tindakan beliau terutama dalam hal menjaga kesehatan baik itu kesehatan fisik maupun kesehatan hati. 

Dalam menjaga ksehatan fisik, Nabi telah banyak memberikan teladan kepada umatnya di antaranya dengan menjaga kebersihan. Sebagaimana hadits Nbai yang berbunyi Annadzofatu minal iiman yang artinya kebersihan itu sebagian daripada iman. dari hadits tersebut kita dapat meyimpulkan bahwa Nabi sangat memperhatikan kebersihan baik itu kebersihan badan, pakaian maupun tempat tinggal.

Dalam Islam juga diajarkan untuk berwudhu terlebih dahulu sebleum melaksanakan shalat baik itu shalat wajib maupun shalat sunnah. Berwudhu merupakan amalan untuk menyucikan badan agar saat kita menghadap kepada Allah dalam kondisi bersih dan suci.

Dalam melaksanakan ibadah kita juga dituntut untuk menjaga kebersihan pakaian dan tempat ibadah kita dari najis maupun kotoran. Hal ini menunjukkan bahwa Nabi sangat memperhatikan kebersihan. Untuk itu sebagai umatnya kita harus mencontoh beliau dalam menjaga kebersihan terutama di masa pandemi seperti ini. Di mana kita harus waspada dan hati-hati setiap saat karena yang kita hadapi adalah makhluk yang tak kasat mata. 

Yang tak kalah penting dari itu adalah kita harus menjaga kesehatan hati kita. Kesehatan hati ini perlu kita jaga karena jika hati sakit maka sakitlah badan kita dan itu bisa menyebabkan beberapa penyakit. Bagaimana cara menjaga hati? 

Sebagai umat Muslim tentu kita tahu jika Nabi MUhammad SAW merupakan Nabi yang diutus untuk menyempurnakan akhlak manusia. Sebagai uamtnya kita harus meneladani sifat-sifat beliau tersebut. Beliau mengajarkan kepada kita untuk bersyukur, qana'ah dan sabar. Bersyukur merupakan kunci kebahagiaan. JIka kita selalu mensyukuri nikmat yang idberikan Allah maka hati kita bisa tenang dan tidak mudah iri dengan pencapaian orang lain.

Bersyukur dengan pemberian Allah merupakan hal yang penting agar kita bisa terhindar dari penyakit hati seperti iri, dengki dan hasad. Mensyukuri nikmat Allah juga bisa menghindarkan kita dari sifat sombong karena kita meyakini bahwa apa yang kita miliki hanyalah titipan dari Allah SWT. Seperti firman Allah dalam Q.S Ibrahim ayat 7 yang artinya 

" Dan ingatlah tatkala Tuhanmu memaklumkan Sesungguhnya jika mau bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".

Dari ayat tersebut kita dapat memahami arti pentingnya bersyukur itu. Kita sebagai hamba yang hanya hidup sebentar di dunia ini tentu menyadari bahwa apa yang kita terima ini merupakan karunia yang diberikan Allah. Semua yang ada di dunia ini hanyalah titipan yang bisa Allah ambil kapan saja. Untuk itu, kita harus senantiasa bersyukur di manapun, kapanpun dan dalam kondisi apapun. Tak perlu iri dengan orang lain, karena Allah telah memberikan nikmat yang tak terhingga untuk kita. 

Sedangkan qana'ah merupakan sifat seseorang yang merasa cukup dengan apa yang diterima dari Allah SWT. Sifat qana'ah ini juga berhubungan dengan bersyukur. Karena orang yang memiliki sifat qanaah akan senantiasa bersyukur kepada nikmat yang diberikan oleh Allah. Namun bukan berarti ia pasrah saja, tetapi juga melakukan ikhtiar. Namun orang yang memiliki sifat qana'ah akan menerima segala pemberian Allah dengan ikhlas dna bersabar dengan ujian maupun cobaan Allah.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x