Humaniora

Bersabarlah, Keberhasilan Itu Sebentar Lagi

12 Oktober 2018   11:15 Diperbarui: 12 Oktober 2018   11:36 338 0 0

Dalam kehidupan kita tentu sering mengalami kegagalan. Baik itu kegagalan pekerjaan, percintaan atau karir. Setiap orang tentu pasti pernah mengalaminya. Karena tidak ada manusia di dunia ini yang tidak mengalami kegagalan. Semuanya pasti pernah mengalaminya. Namun setiap orang berbeda dalam menghadapinya. Ada yang menganggapnya sebagai sebuah cambuk namun ada juga yang menganggap bahwa kegagalan merupakan akhir dari segalanya. Nah kalian termasuk yang mana?

Kadang saat kita sering mengalami kegagalan demi kegagalan kita akan putus asa dan ingin menyerah. Seolah kita tidak punya harapan lagi untuk berhasil karena usaha kita selalu saja gagal. Saat itulah kita merasa Lelah dan ingin berhenti saja. Namun ketahuilah kegagalan itu hanya sebuah cambuk untuk berusaha lebih keras dari sebelumnya. Kegagalan seharusnya bisa membuat kita lebih keras dalam berusaha bukannya berhenti. Namun sebagian besar dari kita memaknai kegagalan sebagai bentuk akhir dari perjuangan. Padahal seharusnya hal ini bisa menjadi momentum untuk bangkit lagi.

Memang terkadang kegagalan itu membuat kita merasa putus asa dan berpikir jika Tuhan tidak menyayangi kita. Hal itu memang wajar saat kita mengalami sebuah kesedihan yang mendalam. Saya juga pernah mengalaminya. Bahkan merasa jika Tuhan tidak peduli denganku. Itulah yang ada di pikiranku saat itu. Namun seiring berjalannya waktu saya mulai berpikir jika mungkin Tuhan ingin menunjukkan jalan yang lain. Bukankah Tuhan yang Maha Tahu segalanya. Tidak ada gunanya kita berhenti dan menyerah pada takdir. Kegagalan itu justru bisa membuat kita untuk terus belajar dan memperbaiki kesalahan dari kegagalan sebelumnya.

Coba kita renungkan kembali, jika kita langsung berhasil saat pertama kali mencoba bukankah itu akan menjadikan kita tidak tahu letak kesalahan kita. Kita juga tidak akan punya usaha untuk memperbaiki kesalahan itu. Kemampuan kita tentu tidak bisa meningkat dari sebelumnya, Untuk itu anggaplah kegagalan sebagai sebuah pelajaran yang harus kita lewati. Kegagalan itu harus bisa membuat tekad dan niat kita lebih kuat dari sebelumnya.

Kadang saat kita mengalami kegagalan kita menjadi enggan untuk mencoba lagi karena beralasan jika akan mengalami hal yang sama. Hal itu tentu saja salah karena hal itu membuat kita menjadi putus asa. Justru dengan kegagalan demi kegagalan itu kita harus membuat kita lebih semangat untuk mencoba. Karena itu merupakan rencana Tuhan bahwa keberhasilan itu sudah ada di depan mata. Jadi kita harus terus mencoba dan terus mencoba sampai apa yang kita inginkan berhasil.

Saat kita mengalami kegagalan kita harus bersabar dan berpikir positif kepada Tuhan  karena Tuhanlah yang mengatur semuanya. Yakin saja jika ini merupakan hasil terbaik yang diberikan Tuhan pada kita. Percayalah jika Tuhan akan menuntun kita menuju keberhasilan jika kita mau bersabar sedikit lagi. Bersabar dan terus mencoba akan mengantarkan kita pada suatu keberhasilan. Saat kita berhasil kita akan menyadari ternyata kegagalan di masa lalu yang mengiring kita untuk menjadi sekarang ini. Saat itulah kita bisa percaya jika rencana Tuhan itu yang terbaik. Jadi bersabarlah dan jangan pernah mencoba untuk berhenti.