Mohon tunggu...
Sri Patmi
Sri Patmi Mohon Tunggu... Penulis - Bagian Dari Sebuah Kehidupan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Menulis adalah Bagian dari Self Therapy www.sripatmi.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen Sri Patmi: Amanah Garis Merah

7 Desember 2020   14:46 Diperbarui: 7 Desember 2020   14:49 142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kudengar sayup angin berbisik menyampaikan sebuah cerita tentang garis merah. Sudah tiga kali mempercayainya, tapi ia belum menyampaikan sebuah berita. 

Lalu, angin datang dan duduk bersamaku, kurasakan aroma daging yang lezat ia bawa dari tetangga sebelah. Bola matanya memicing tajam seperti anak panah. 

Tiba-tiba ia merangsek dalam alirah darah menghilangkan gejolak hati yang mulai resah. Suara riuh angin memecah keheningan pagi ini dengan tanda dua garis merah. Ia sampaikan berita itu kepada keluarga yang sudah menyimpan rindu hingga membuncah.

Sebelum aku tahu, dua garis merah ini sempat aku ajak berangkat menyusuri bekas tapak pecinta alam. Dalam ketinggian 1806 mdpl, kuajarkan ia untuk mensyukuri berkah kehidupan yang diberikan Maha Pencipta. 

Jauh dari hiruk pikuk dunia yang terasa mulai menua. Meski hidup didunia ini hanya sementara, tetapi jangan menjadikannya sia-sia. Kelilingi kehidupan ini dengan kisah yang menjadikanmu semakin berharga.

Dengan ditemani suami, kutemui dokter kandungan terdekat untuk memastikan ia telah hadir dalam kehidupan kami. Dokter mengajukan beberapa pertanyaan tentang hari pertama haid dan haid terakhir. Melihat kalender lalu menentukan hari perkiraan lahir (HPL). 

Sedikit penasaran, aku segera browsing tentang rumus menentukan usia kehamilan dari siklus haid. Bagiku, ilmu baru ini belum pernah aku terima dalam ruang lingkup pendidikan formal. 

Rumus Neagle ini dihitung berdasarkan Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) dengan rumus = (Hari +7), (Bulan -3), (Tahun +1). Untuk bulan yang tidak bisa dikurangi 3,seperti Januari, Februari, Maret cukup +9 tetapi tahunnya tetap.

Jika dilihat dari haid terakhir, kini usianya sudah memasuki minggu ke-6. Pengecekan yang dilakukan adalah pemeriksaan berat badan, pemeriksaan perut, kadar hemoglobin (HB), lingkar lengan, tinggi badan dan USG. 

Setelah semua pemeriksaan laboratorium tersebut dilakukan, dokter mencatat dalam kartu pemeriksaan kehamilan yang sering disebut Ante Natal Care (ANC). 

Dalam kartu tersebut tertera tanggal pemeriksaan, berat badan, vitamin yang diberikan. Saat itu, vitamin yang diberikan adalah asam folat, penambah darah agar tidak anemia, kalsium, dan pereda mual serta muntah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun