Mohon tunggu...
Sri Patmi
Sri Patmi Mohon Tunggu... Bagian Dari Sebuah Kehidupan

Menulis adalah Bagian dari Self Therapy www.sripatmi.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Literasi Ilmu Komunikasi (Belajar Komunikasi Itu Gampang)

26 September 2020   08:08 Diperbarui: 26 September 2020   08:16 191 2 0 Mohon Tunggu...

BAB III TIPE KOMUNIKASI Human communication (1980) membagi komunikasi menjadi 5 macam tipe yaitu
1. Komunikasi antar pribadi (interpersonal communication) 2. Komunikasi kelompok kecil (small group communication) 3. Komunikasi organisasi (organization communication) 4. Komunikasi massa (masa communication) 5. Komunikasi publik (public communication)
Joseph de Vito dalam buku Communicology (1982) membagi tipe komunikasi menjadi 4 yaitu : 1. Komunikasi antar pribadi2. Komunikasi kelompok kecil3. Komunikasi publik 4. Komunikasi massa
R. Wayne Pace dalam bukunya Techniques for effective communication (1979) membagi tipe komunikasi menjadi 3 yaitu : 1. Komunikasi dengan diri sendiri 2. Komunikasi antar pribadi 3. Komunikasi khalayak
KOMUNIKASI INTRAPERSONAL Beberapa kalangan menilai bahwa proses pemberian arti terhadap sesuatu yang terjadi dalam diri individu, belum dapat dinilai sebagai proses komunikasi melainkan suatu aktivitas internal monolog (Asante,1979)
Studi tentang komunikasi intrapersonal kurang begitu banyak mendapat perhatian kecuali dari kalangan yang berminat dalam bidang psikologi behavioristik.

KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI R. Wayne Pace (1979) komunikasi antarpribadi adalah prozes komunikasi yang berlangsung antara dua orang atau lebih secara tatap muka.
Komunikasi antar pribadi menurut sifatnya dibedakan menjadi dua yaitu komunikasi diaduk dan komunikasi kelompok kecil.

Komunikasi diadik adalah proses komunikasi yang berlangsung antara dua orang dalam situasi tatap muka. Menurut Pace, komunikasi diaduk dilakukan dalam tiga bentuk yaitu percakapan, dialog dan wawancara.

Komunikasi kelompok kecil adalah proses komunikasi yang berlangsung antara tiga orang atau lebih secara tatap muka, dimana anggotanya saling berinteraksi satu sama lainnya.

Komunikasi kelompok kecil disebut komunikasi antar pribadi karena : 1. Anggota yang terlibat dalam proses komunikasi saling bertatap muka 2. Pembicaraan berlangsung secara terpotong-potong dimana semua peserta bisa berbicara dalam kedudukan yang sama, dengan kata lain tidak ada pembicara tinggal yang mendominasi sesuatu.3. Sumber dan penerima sulit diidentifikasi.

Menurut Rogers, proses komunikasi yang menggunakan telepon kurang tepat apabila digolongkan sebagai komunikasi massa atau komunikasi antar pribadi karena tidak bertatap muka dan satu kepada yang lain.
Mc- croskey memasukkan peralatan komunikasi yang menggunakan gelombang udara dan cahaya seperti halnya telepon dan telex sebagai saluran komunikasi antar pribadi.
Jadi, muncul beberapa istilah komunikasi antar pribadi ya g beralat dan komunikasi antar pribadi yang tidak beralat.
KOMUNIKASI PUBLIK Tipe komunikasi publik berkaitan dengan khalayak umum. Pesan yang disampaikan tidak berlangsung secara spontanitas tetapi terencana dan dipersiapkan terlebih dahulu. Contoh : khotbah, rapat Akbar, ceramah, santiaji.

KOMUNIKASI MASSA Komunikasi massa dapat didefinisikan sebagai proses komunikasi yang berlangsung dimana pesannya dikirim dari sumber yang melembaga kepada khalayak yang sifatnya massal melalui alat-alat yang bersifat mekanis seperti tv, radio dll.
Sifat komunikasi massa : 1. Sumber dan penerima dihubungkan oleh saluran yang telah diproses secara mekanik. 2. Berlangsung satu arah dan tanggapan baliknya lambat (tertunda) dan sangat terbatas. 3. Sifat penyebaran pesan melalui media massa berlangsung begitu cepat, serempak dan luas.

Dikutip dari: Prof Hafid Cangara, Pengantar Ilmu Komunikasi 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x