Mohon tunggu...
Sri Patmi
Sri Patmi Mohon Tunggu...

Menulis adalah Bagian dari Self Therapy www.sripatmi.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kartini 4.0

22 April 2019   22:37 Diperbarui: 22 April 2019   22:39 0 0 0 Mohon Tunggu...
Kartini 4.0
Dok. Pribadi

Siapa yang tidak mengenal sosok Kartini? Sejak kecil kita telah diperkenalkan dengan R.A Kartini dalam bentuk perayaan Hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April. Biasanya para perempuan menggunakan kebaya, kain dan konde yang khas untuk menunjukkan jati diri perempuan Indonesia.

Representasi Kartini sebagai perempuan yang anggun, cerdas, berani, tangguh dan memiliki pendirian yang kuat menjadi inspirasi sebagian besar wanita di Indonesia. Pejuang emansipasi perempuan ini memiliki harapan persamaan hak antara kaum laki-laki dan perempuan. Tujuannya adalah kaum perempuan mendapatkan proporsi untuk mengenyam pendidikan, menyalurkan aspirasi, dan dihargai secara manusiawi.
Atas berkat jasa R.A Kartini, sudah seharusnya generasi masa kini mengapresiasi perjuangannya dan menjadikan beliau sebagai perempuan inspiratif. Suri teladan yang mengenjawantah dalam manifestasi digital dengan transmisi nilai oriental. Wajah cantik Indonesia ditunjukkan melalui dunia tanpa batas atau dunia maya. Mereka adalah Kartini 4.0, urban baru bagi para native digital. 
Sebagaimana yang kita ketahui, Kartini merupakan perempuan cerdas, dimana ide dan pemikirannya yang ditulis dalam surat-surat kepada Estelle "Stella" dibukukan dengan judul Habis Gelap Terbitlah Terang. Kartini 4.0 memiliki kebebasan bertanggung jawab untuk menyampaikan ide dan gagasan dengan berbagai platform media baru. Platform blog mempermudah proses transmisi informasi kepada khalayak umum di dunia. Bahkan ada beberapa komunitas blogger yang menamakan dirinya sebagai beauty blogger. 
Fakta menarik tentang Kartini adalah gemar memasak. Beberapa resep keluarga Kartini dibukukan oleh cicit Kartini yang bernama Suryatin N.Ganie dengan judul Kisah & Kumpulan Resep PUTRI JEPARA Rahasia Kuliner R.A Kartini, R.A Kardinah dan R.A Roekmini' dan diterbitkan oleh PT Gaya Favorit Press (Femina Grup). Hal ini menunjukkan bahwa Kartini berusaha mengangkat masakan khas Jawa agar lestari sepanjang masa dan dikenal oleh dunia. Kehadiran new media telah memberikan kemudahan bagi para Kartini 4.0 untuk memperkenalkan masakan asli Indonesia pada kancah internasional. Bukan hanya selalu berbicara soal western, karena pada kenyataannya masakan tradisional bisa menjadi spesial dari tangan Kartini yang handal. Melalui sosial media, tangan-tangan Kartini 4.0 mengubah branding makanan biasa menjadi istimewa. Beberapa Kartini 4.0 yang gemar memasak bahkan membuat daftar post Instagram mereka dengan masakan seharga kaki lima dengan display makanan bintang lima. 
Kartini memiliki wawasan yang luas karena ia gemar membaca buku dan menulis. Jika ingin membaca buku, Anda akan dipermudah dengan e-book, e-journal, e-magazine dan lain-lain. Bagi para noveller atau pecinta fiksi dapat mengunduh pada aplikasi NovelMe, Wattpad dan lain-lain. Bagi pemikir yang gemar menulis, pena-pena Kartini 4.0 tersedia dimana pun Anda ingin menginspirasi melalui tulisan Anda melalui platform blog berupa CMS, blogspot, wordpress, kompasiana dan wattpad. 
Kata yang lekat dengan Kartini adalah emansipasi. Satu kata tersebut bermakna leksikal. Dimana seorang pejuang emansipasi yang menjunjung tinggi harkat dan martabat perempuan  tanpa mengurangi wujud penghormatan terhadap kaum pria atau suami tercinta. Kehebatan Kartini masa kini adalah multitasking dalam bisnis dan  kegiatan rumah tangga. Mereka bekerja tetapi ketika kembali ke rumah, mereka adalah sosok istri dan ibu yang harus mengurus kebutuhan makan, pembiayaan AD ART, kebersihan rumah dan lain-lain. Tak hanya berhenti disitu, sebagian besar wanita karir memantau perkembangan dan menjaga keharmonisan keluarga mereka dengan bantuan gawai canggih saat jam istirahat tiba. Fenomena ini seperti sudah lazim untuk dijumpai.  Salah satu nilai luhur yang ditanamkan Kartini adalah teguh pada pendiriannya, meskipun ia memiliki pergaulan yang luas, ia tidak terbawa arus dari lingkungan sosialnya. Ia senantiasa meningkatkan reputasi Indonesia kepada dunia. Kartini 4.0 memiliki tugas yang sangat berat, dimana mereka harus kokoh mempertahankan jati diri Indonesia ditengah gencarnya teknologi disruptif. 
Pergunakanlah gawai Anda sebagai media informasi positif. Angkatlah keindahan alam Indonesia, kemajemukan yang hidup saling berdampingan dan bersinergi tanpa konflik persekusi, suku, agama dan ras. Hati-hati dengan informasi yang Anda terima, cek kebenarannya dengan cover both sides, bahkan jika diperlukan cover all sides atau lebih jelasnya disebut tabayyun. Bisa jadi informasi yang Anda terima adalah wujud dari brain war, perang laten yang menggerogoti keutuhan NKRI dari dunia tak kasat mata. Pejuang Kartini 4.0, sudah siap dengan musuh nyata dibalik layar kaca?
Ingatlah!! Tangan Kartini 4.0 akan selalu menginspirasi orang lain dari berbagai lini dan  tidak terbawa arus tetapi menciptakan sumber arus energi positif. Jadi, apakah Anda orang yang dimaksud oleh Kartini 4.0?