Mohon tunggu...
SRI MARYATI
SRI MARYATI Mohon Tunggu... Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Riau

Gadis penikmat sastra, demi memuaskan hasrat aksara yg mengembara.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Manfaat Laporan Arus Kas dalam Sebuah Perusahaan

20 September 2020   20:27 Diperbarui: 20 September 2020   20:39 660 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manfaat Laporan Arus Kas dalam Sebuah Perusahaan
Sumber Gambar: Pixabay.com

Assalamualaikum para pembaca, sebelum memulai pembahasan yang sesuai judul di atas, ingin bercerita sedikit kalau tidak afdol rasanya kalau status saya sebagai mahasiswi Akuntansi tidak pernah menulis artikel mengenai materi akuntansi itu sendiri. Nah, kali ini saya mencoba untuk menulis. Semoga dari artikel ini bisa menambah wawasan bagi para pembaca mengenai ilmu Akuntansi khusunya materi Laporan Arus Kas. 

Apa itu Laporan Arus Kas? Laporan arus kas, juga disebut arus kas, adalah bagian dari laporan keuangan yang menyajikan informasi tentang penerimaan dan pembayaran kas selama suatu periode. Laporan arus kas untuk organisasi, bisnis, atau perusahaan harus disiapkan dengan menyiapkan dua pernyataan berbeda antara penerimaan kas dan pembayaran tunai. Sebagai contoh, catatan pendapatan tunai adalah investasi, pendapatan dan aliran masuk lain yang diterima oleh perusahaan. Catatan kas adalah pengeluaran yang harus ditutup oleh suatu entitas, atau pengeluaran lain yang memerlukan biaya awal.

Laporan Arus Kas sendiri terdiri dari tiga bagian:

  • Aktivitas Operasi : Bagian ini melaporkan ringkasan penerimaan dan pembayaran kas dari aktivitas operasi.
  • Aktivitas Investasi: Bagian ini melaporkan transaksi kas untuk pembelian dan penjualan dari aset yang sifatnya permanaen (biasanya disebut aset tetap).
  • Aktivitas Pendanaan: Bagian ini melaporkan transaksi kas yang berhubungan dengan investasi kas oleh pemilik, peminjaman, dan penarikankas oleh pemilik.

Jadi sudah tahu kan, apa itu laporan arus kas. Sekarang penjelasan inti dari Artikel ini akan melihat manfaat dari laporan arus kas perusahaan yang dapat diperoleh investor, kreditor, atau orang lain sebagai berikut:

1. Mudah melihat posisi keuangan perusahaan Anda

Dengan Laporan Arus Kas, perusahaan dapat dengan cepat dan mudah mengetahui posisi keuangan perusahaan. Arus kas menunjukkan jumlah arus kas positif atau bersih, yang berarti bahwa perusahaan tersebut menguntungkan. Sebaliknya, jika arus kas menunjukkan angka negatif, entitas akan mengalami kerugian atau defisit. Pernyataan arus kas penting karena dapat menjadi dokumen pendukung dalam menilai manajemen perusahaan.

2. Meningkatkan aset bisnis di masa depan

Laporan Arus Kas berguna untuk mengetahui hubungan antara investor dan kreditor dalam suatu bisnis. Dengan melihat Laporan Arus Kas, Anda dapat memperoleh informasi tentang penurunan dan kenaikan uang tunai. Investor atau kreditor dapat dengan mudah melihat bagaimana perusahaan dapat menghasilkan uang untuk masa depan, atau mereka dapat mengharapkan uang diperoleh pada periode berikutnya. Kemudian dapat digunakan untuk mengukur operasi perusahaan dengan mengambil keuntungan dari riset pemasaran perusahaan.

3. Mengevaluasi kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajibannya

Manfaat lain dari laporan arus kas yang biasanya didukung oleh manfaat laporan laba rugi Perusahaan adalah kemampuan Perusahaan untuk membayar kewajiban Perusahaan, seperti biaya karyawan, utang perusahaan, dll. Laporan arus kas berisi informasi tentang sumber uang dan berapa banyak yang akan dibelanjakan sehingga baik investor dan kreditor dapat mengetahui dengan pasti apa arus kas perusahaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x