Mohon tunggu...
Sri Lestari
Sri Lestari Mohon Tunggu... Mahasiswa UM Jurusan KSDP 2016

Mahasiswa UM 2016

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Hidupkan Desa Wisata, KKN UM Bantu Bangun Gapura Jembatan Naga Desa Mulyorejo

2 Juli 2019   00:19 Diperbarui: 2 Juli 2019   00:25 0 1 0 Mohon Tunggu...
Hidupkan Desa Wisata, KKN UM Bantu Bangun Gapura Jembatan Naga Desa Mulyorejo
KKN UM dan perangkat desa saling bekerja sama/Dokpri

Pengembangan desa wisata di Kabupaten Malang sedang digodog oleh Dinas Pendidikan dan Pariwisata Kabupaten Malang melalui desa yang memiliki potensi wisata alam maupun buatan. Tentunya hal ini juga yang sedang direncanakan oleh Desa Mulyorejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang yang memiliki keindahan Bendungan Selorejo. Pengembangan wisata ini dilakukan untuk mengundang wisatawan agar tertarik untuk berkunjung ke desa ini. Pengembangan dilakukan dengan membangun akses dan fasilitas penunjang desa wisata. Salah satunya yang sekarang digarap adalah pembangunan jembatan naga. Jembatan ini akan dibangun di Desa Mulyorejo yang tepatnya di Dusun Maron, depan Balai Desa Mulyorejo.

(1)
(1)

(2)
(2)

Pada Senin (01/07) Kelompok KKN UM (Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang) bersama perangkat desa bekerja sama untuk menggali tanah yang nantinya akan menjadi pondasi jembatan naga. "Menurut warga sekitar jembatan naga dibangun untuk meningkatkan wisata yang ada di Mulyorejo, dan menjadi icon dengan konsep jembatan yang meliuk dan berujung dengan bentuk hati yang melambangkan cinta (Kabupaten Malang) dan dari  jembatan ini nantinya wisatawan dapat melihat keindahan saat sore hari dengan melihat sunset (matahari tenggelam). Jembatan ini mulai digarap hari ini, namun untuk gazebo rest area sudah selesai dan dapat dinikmati oleh masyarakat sekitar maupun wisatawan yang datang. "ujar Puguh Setiawan,Mahasiswa KKN UM

Penggalian pondasi diawali dengan menggali sekitar tanah depan balai desa yang nantinya akan di bangun untuk menjadi gapura menuju jembatan. Kerja bakti pembuatan pondasi dilakukan secara bersama dengan perangkat desa mulai pagi hari mulai pukul 08.00 wib dan diakhiri sekitar pukul 15.00 wib. Semua terlihat antusias untuk kerja bakti merampungkan jembatan naga ini. "Saya berharap semoga jembatan ini cepat terealisasi dengan baik agar dapat menarik wisatawan domestik dan mancanegara agar dapat meningkatkan sumber dana untuk perbaikan potensi wisata lainnya" ujar Rameli, Kepala Dusun Kambal Desa Mulyorejo.

Penulis : Sri Lestari

L6-PGSD