Mohon tunggu...
SRI HARTONO
SRI HARTONO Mohon Tunggu... Supir - Tukang Ojek Online

Susah amat sih mencoba menjadi orang baik...

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Tak Pernah Kalah dan Surplus 15 Gol, Tetapi Tidak Lolos

10 Juli 2022   23:36 Diperbarui: 10 Juli 2022   23:41 117 13 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Timnas Piala AFF U 19 - Goriau.com

Saya tidak tahu apa dalam sejarah sepakbola ada situasi seperti yang di alami Timnas Indonesia saat ini. Timnas kita memasukkan 17 gol kemasukan 2 gol dan tak pernah kalah, tetapi tidak lolos ke babak berikutnya. 

Beberapa menit lalu timnas Indonesia baru saja menang besar 5-1 melawan Timnas Myanmar. Sorak sorai suporter Indonesia tanpa henti mengiringi jalannya pertandingan. Dan terbukti dukungan itu tak sia sia, Indonesia mengelontor gawang 5 gol, lebih dari harapan yang diinginkan. 

Ketika melawan Vietnam, Myanmar kebobolan 3 gol sementara waktu melawan Thailand, mereka juga  hanya bisa dibobol 3 gol. Hal itu menjadi bukti bahwa timnas kita lebih 'mengerikan' dibanding Vietnam dan. Thailand. 

Namun kegembiraan suporter kita hanya berlaku sesaat. Ketika mengetahui Timnas Vietnam dan Thialand bermain 1-1, impian kita untuk lolos ke babak semifinal buyar. Indonesia tak lolos ke babak semifinal piala AFF U19. Aturan sistem head to head tim dengan nilai sama memupus harapan kita. 

Timnas kita bermain imbang 0-0 sewaktu melawan Vietnam dan Thailand.  Ketika mereka bertanding diwaktu yang sama dengan pertandingan kita melawan Myanmar, hasilnya seri 1-1. Artinya ada gol yang mereka ciptakan. 

Entah hal itu sengaja atau tidak mereka lakukan untuk menggugurkan Indonesia ke babak selanjutnya, yang jelas kita kalah selisih gol diantara 3 tim yang punyai nilai sama ini. Gol timnas kita 0, sementara Vietnam dan Thailand masing masing 1.

Saya tidak tahu bagaimana perasan para suporter itu ketika pulang ke rumah. Apakah ada sorak sorai yang sama seperti saat mereka di stadion atau sama sedihnya dengan kami yang hanya bisa menyaksikan di televisi. 

Terlihat juga tadi para pemain muda kita yang tak merayakan kemenangan dengan gembira seperti biasanya. Ekpresi sedih dan kecewa terlihat di wajah mereka. 

Perjuangan memasukkan 17 gol dan hanya kemasukan 2 gol adalah perjuangan yang sangat berat. Selisih 15 gol bukan prestasi kaleng kaleng. Timnas Vietnam hanya punya selisih 9 gol sementata selisih gol Thailand pun 6 gol saja. Perbandingan yang sangat jauh. 

Namun peraturan adalah peraturan. Kita sendiri pernah diuntungkan dengan aturan yang sama pada Sea Games 2017 yang lalu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan