Mohon tunggu...
SRI GALUHWITRININGRUM
SRI GALUHWITRININGRUM Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobi menari

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menarik Minat Siswa Menulis Geguritan Menggunakan Aplikasi Canva

7 Desember 2022   21:53 Diperbarui: 7 Desember 2022   22:33 157
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menulis adalah sesuatu hal yang dianggap sulit dan membosankan. Karena kegiatan mendasar untuk menyampaikan pikiran yang dituangkan ke dalam tulisan. Harus menyusun kata demi kata yang sesuai dengan pikiran. Oleh karena itu pendidik harus berpikir kreatif untuk menarik minat dalam pembelajaran menulis

Pada kelas XI di SMA Negeri 1 Baturraden, Kabupaten Banyumas terdapat materi menulis geguritan. Untuk menumbuhkan minat siswa, saya mengajak siswa untuk menulis geguritan di aplikasi canva. Mengapa aplikasi canva yang saya pilih? Karena desain-desain di aplikasi canva yang beragam sehingga dapat menumbuhkan kreatifitas siswa dalam menuangkan ide-ide mereka ke dalam tulisan. 

Sebagai stimulus menulis geguritan, saya menggunakan foto-foto dalam kegiatan yang ada di sekolah untuk memancing siswa dalam menumbuhkan ide-ide dan kreatifitas mereka dalam menulis yang kemudian dituangkan pada aplikasi canva. Selain desain yang beragam, juga bisa membuat desain sesuai dengan keinginan atau kreatifitas mereka.

Sebagai bukti mereka terlihat menikmati menulis geguritan menggunakan aplikasi canva. 

Jadi, kita sebagai guru harus bisa berpikir kreatif dan mengikuti perkembangan zaman. Harus mau mencoba sesuatu hal yang baru untuk membuat kelas yang menyenangkan pada mata pelajaran yang kita ampu. Apalagi kehadiran kita dinantikan oleh para siswa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun