Mohon tunggu...
Sri Endah Mufidah
Sri Endah Mufidah Mohon Tunggu... Guru - Guru PAI di Pemkab Blitar

Menyukai dunia pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Menyongsong Super App, Satu Aplikasi untuk Semua

16 Juli 2022   22:21 Diperbarui: 16 Juli 2022   23:39 182 9 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Aplikasi online akan bisa memudahkan kerja kita. Aplikasi online juga akan memangkas biaya, waktu, dan tenaga kita. Aplikasi online bisa menghilangkan batas ruang dan waktu.

Beberapa aplikasi online yang harus terpasang di android memakan banyak ruang dan membuat kinerja hp semakin menurun, bahkan sekedar untuk menonton youtube saja harus terhenti karena tidak ada ruang yang tersedia.

Aplikasi bisa dikatakan suatu perangkat lunak yang siap pakai dengan menjalankan instruksi-instruksi dari pengguna (user). 

Aplikasi banyak diciptakan untuk membantu berbagai keperluan, seperti contoh: membuat laporan, percetakan dan lain-lain. Pada pengertian umumnya, aplikasi adalah alat terapan yang difungsikan secara khusus dan terpadu sesuai kemampuan yang dimilikinya. (sumber: www.dosenpendidikan.co.id).

Aplikasi yang ada terdiri dari berbagai jenis, antara lain:

  • Tools Application. Contoh tools application antara lain: google translate, audio recorder, clean master, kine master, movavi video editor dan lain-lain.
  • Social Application. Contoh social application antara lain: facebook, instagram, twitter dan lain-lain.
  • Communication Application. Contohnya antara lain: line, whatsapp messenger, WeChat, BBM, Imo, dan lain-lain termasuk aplikasi untuk meeting seperti zoom meeting, google meet.
  • Education Application atau aplikasi untuk pendidikan
  • News and Magazines Application. Seperti Babe, Kompas dan lain-lain.
  • Entertainment Application termasuk games online.
  • Dan lain-lain. Sumber: idprogrammer.com

Selain beberapa aplikasi berbasis android, ada lagi beberapa aplikasi serta sistem pendataan untuk mempermudah dan memperlancar tugas dan pekerjaan kita yang berkaitan dengan pendataan.

Dalam bidang pendidikan, ada Dapodik (Data Pokok Pendidikan), Emis (Education Management Operating System), Siaga (Sistem Informasi dan Aplikasi Guru Agama), Simpatika (Sistem Informasi dan Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Agama).

Dalam bidang pendataan pegawai, ada Si dawai (sistem Layanan Pegawai), MySAPK (Sistem Aplikasi layanan Pegawai), Tapera (Tabungan Perumahan Rakyat), Siharka (Sistem Informasi pelaporan Harta Kekayaan ASN).

Aplikasi belanja online ada Shopee, Lazada, Tokopedia, Blibli, Bukalapak, JDID, OLX termasuk Indomart dan Alfamaret point.

Dalam perbankan dan dompet digital, ada BRI Mobile, Jconnect Mobile, Linkaja, Gojek, Briva dan lain-lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan