Mohon tunggu...
Sri Endah Mufidah
Sri Endah Mufidah Mohon Tunggu... Guru - Guru PAI di Pemkab Blitar

Guru PAI di UPT SD Negeri Slumbung 01

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Bepergian Naik Bus? Asik Saja Kok...

8 Desember 2021   11:57 Diperbarui: 8 Desember 2021   12:17 101 8 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber gambar: https://otomotif.kompas.com/ 

Bus adalah salah satu transportasi umum yang banyak diminati masyarakat. Dikota-kota kecil, tidak ada bus sejenis transjakarta, tetapi yang ada dua jenis bus yang beroperasi, yaitu bus mini (mini bus) dengan kapasitas sekitar 35 orang untuk jarak dekat (antar kota) serta bus besar dengan kapasitas penumpang sekitar 60 orang untuk jarak jauh antar provinsi.

Untuk perjalanan jarak jauh, naik bus bisa menjadi salah satu solusi yang mudah, murah serta meriah. Apalagi, sekarang, armada bus jarak jauh sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas, seperti full AC, full music, full video, free wifi bahkan tak jarang pula yang menyediakan fasilitas selimut, bantal ataupun snack.

Memang, naik bus terkesan kurang berkelas, karena bagi orang yang berduit, mereka lebih nyaman apabila naik travel atau kendaraan pribadi. Tetapi, bagi orang dengan ekonomi menengah ke bawah, naik bus bisa menjadi salah satu pilihan.

Ada beberapa alasan masyarakat lebih memilih naik bus daripada kendaraan umum yang lain, hal itu karena:

1. Tarif bus relatif lebih murah bila dibandingkan dengan kendaraan lain.

2. Karena jumlahnya yang banyak, maka bus akan lewat setiap saat tanpa diatur jadwal atau waktu. Terutama bagi orang yang sedang mengejar waktu, naik bus bisa menjadi salah satu solusi.

3. Jumlah kursi yang banyak, sehingga apabila terpaksa tidak mendapatkan tempat duduk, akan nyaman saja meskipun berdiri.

4. Lebih cepat tiba ditujuan, karena tidak diatur dalam jadwal waktu.

Meskipun banyak yang memilih menggunakan bus, tetapi sebenarnya naik bus memiliki beberapa kelemahan, antara lain:

1. Sudah menjadi rahasia umum, para sopir bus mengendarai busnya dengan kecepatan yang tinggi (terkesan ugal-ugalan). Hal itu karena mereka mengejar penumpang, sehingga siapa yang lewat terlebih dahulu, dia yang akan mendapat penumpang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Transportasi Selengkapnya
Lihat Transportasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan