Mohon tunggu...
Sri Endah Mufidah
Sri Endah Mufidah Mohon Tunggu... Guru - Guru PAI di Pemkab Blitar

Guru PAI di UPT SD Negeri Slumbung 01

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh

17 Agustus 2021   09:31 Diperbarui: 17 Agustus 2021   09:37 114 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh
Sumber gambar: medanheadlines.com

Upacara peringatan hari kemerdekaan Indonesia kali ini berbeda dengan peringatan sebelumnya. Ini adalah kali kedua peringatan Hari kemerdekaan Indonesia secara tatap maya atau virtual. Meskipun secara virtual, tapi tidak mengurangi kehidmatan, kekhusukan dan kelancaran dalam pelaksanaannya. 

Karena esensi dari upacara peringatan hari kemerdekaan adalah mengenang akan jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita dalam rangka pencapaian kemerdekaan dan sudah kita rasakan saat ini. 

Kita tidak mungkin bisa merasakan suasana merdeka kalau negeri kita masih dikungkung oleh para penjajah. Kita tidak akan bisa merasakan tenangnya mencari ilmu, nyenyaknya bersitirahat bahkan tenangnya saat beribadah.

Hal itu harus selalu kita syukuri dengan selalu memanjatkan pujian kepada Allah serta mengimplementasikan rasa syukur kita dengan bisa berbagi dengan orang yang masih belum seberuntung kita. 

Dan satu hal yang harus kita ingat, jangan sekali-kali kita terlena dengan kemerdekaan yang kita miliki, karena kita tahu bahwa kemerdekaan ini adalah berkat dan rahmat dari Allah sehingga akan mudah bagi Allah untuk mencabutnya kembali apabila kita tidak bisa mengisinya dengan sebaik-baiknya.

Tema yang diusung pada peringatan hari kemerdekaan kali ini adalah Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh. Indonesia tangguh memiliki makna Indonesia harus bisa menghadapi semua keterpurukan yang terjadi saat ini. Imbas yang terjadi  akibat dari pandemi covid 19 adalah keterpurukan dari semua sektor. 

Mulai ekonomi, sosial, budaya, pariwisata, keagamaan, pendidikan, pertanian dan lain-lain. Dan dari semua  sektor tersebut berimbas ke sektor ekonomi. 

Ya, sektor ekonomi yang merupakan ujung tombak pembangunan negara, harus segera diselesaikan. Meskipun sedang terpuruk, Indonesia harus  (tetap) bisa bertahan dari semua masalah yang terjadi. Indonesia harus bisa melewati semua ujian yang terjadi.

 Indonesia tumbuh bermakna, Indonesia harus mampu tumbuh setelah jatuh terpuruk. Keterpurukan yang terjadi harus bisa menjadi pemicu untuk bisa tumbuh lebih baik, tumbuh lebih kuat dan lebih tinggi. Terobosan-terobosan baru untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik harus segera diupayakan. 

Sektor pariwisata yang sedang lesu, harus gencar dipromosikan kembali. Pembangunan sumber daya manusia melalui sektor pendidikan harus ditingkatkan. Sektor sosial serta budaya yang sempat menurun nilai dasarnya harus bisa dibangun kembali meskipun dengan suasana yang berbeda dan cara yang berbeda. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan