Mohon tunggu...
Sri Endah Mufidah
Sri Endah Mufidah Mohon Tunggu... Guru - Guru PAI di Pemkab Blitar

Guru PAI di UPT SD Negeri Slumbung 01

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Pasang Baliho Politisi, Perlukah?

14 Agustus 2021   11:09 Diperbarui: 14 Agustus 2021   11:10 76 9 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pasang Baliho Politisi, Perlukah?
sumber gambar: https://kumparan.com | Foto: Iqbal Firdaus/kumparan 

Baliho menurut KBBI adalah sebuah kata benda (noun) yang artinya publikasi yang berlebih-lebihan ukurannya agar menarik perhatian masyarakat. Baliho, bisa juga spanduk atau banner biasanya dipasang ditempat-tempat umum yang strategis. Seperti di pinggir jalan, di perempatan lampu merah, depan pasar, jalan protokol dan lain-lain.  

Baliho, spanduk atau banner ada yang di pasang dengan ditali di atas jalan, ada yang dalam bentuk berdiri dengan di pasang pada tiang, ada yang bentuknya kecil hanya ditempel pada dinding-dinding pagar dan lain sebagainya. 

Yang jelas, tujuan dari pemasangan alat-alat tersebut adalah agar pembaca serta masyarakat bisa menerima pesan yang disampaikan oleh pembuat baliho.

Beberapa hal yang biasa dipromosikan saat memasang baliho antara lain:

1. Media promosi suatu sekolah atau lembaga pendidikan. Dengan memasang baliho, masyarakat akan mengetahui informasi terkait pendaftaran atau fasilitas yang ditawarkan oleh lembaga tersebut

2. Promosi suatu tempat perbelanjaan termasuk salon, dealer, warung dan lain-lain.  Masyarakat secara tidak langsung akan membaca kalau misalkan telah dibuka satu pusat perbelanjaan, suatu salon di tempat tertentu.

3. Media promosi satu produk tertentu seperti produk sabun mandi, makanan, kendaraan, bahkan film baru dan lain-lain

4. Promosi seseorang yang mencalonkan diri menjadi seorang kepala daerah maupun wakil rakyat.

Kalau dulu, berpromosi menggunakan media baliho dipandang sangat efektif karena belum banyak media elektronik yang tersedia. Media elektronik yang  tersedia pun sangat terbatas, seperti radio dan televisi saja.  Seiring berkembangnya tehnologi, pemasangan baliho sudah sedikit berkurang, karena memasang baliho memiliki sejumlah kekurangan walaupun tidak bisa dipungkiri ada manfaatnya juga.

Beberapa kelebihan memasang baliho  antara lain:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan