Mohon tunggu...
Sri DewiRahmawati
Sri DewiRahmawati Mohon Tunggu... 19170004

Ucapkanlah bismillah dalam setiap langkahmu

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Belajar dan Pembelajaran, Apa Ciri-cirinya?

27 Februari 2020   06:00 Diperbarui: 27 Februari 2020   06:24 11 0 0 Mohon Tunggu...

Sebuah proses dimana kita belajar dengan segala hal yang ada di hadapan kita. Belajar adalah bagian dari pendidikan yang seharusnya kita lakukan setiap waktu dan setiap hari. Dimanapun kita berada kita harus belajar, belajar, belajar, dan belajar. Tidak ada yang melarang kita untuk membatasi apa yang kita pelajari. Semua orang mengaharapkan dirinya mampu bermanfaat dengan apa yang mereka pelajari.\

Pembelajaran berbeda dengan belajar. Pembelajaran dapat diartikan bahwa kita harus mempelajari apa saja pelajaran atau proses belajar yang harus ditempug dengan kita diajar oleh pengajar atau guru yang biasanya dilakukan oleh para pengajar kepada siswa-siswinya. Sedangkan belajar dapat diartikan kita mempelajari segala sesuatu yang sekiranya kita mau mempelajari dan kita tekun dengan apa yang sedang dipelajari. 

Karena belajar tidak hanya dilakukan di dalam kelas dengan duduk dan mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru tetapi belajar juga dapat dilakukan di manapun kita berada tanpa terbatas oleh waktu dan tempat. 

Belajar adalah hal yang paling sering kita lakukan dari kita kecil hingga tua nanti. Banyak hal hal yang harus kita pelajari dalam kehidupan ini, yang tidak hanya dengan duduk mendengarkan di dalam kelas, belajar yang dapat dilakukan banyak sekali macamnya.

Seperti yang kita ketahui belajar adalah proses dimana kita mendapatkan suatu hal baru yang kita tertarik dan mempunyai perasaan keingintahuan tentang apa yang ada di hadapan kita. 

Tanpa kita sadari kita sudah belajar dari kita bayi, yakni dengan suatu hal sangat sederhana seperti ketika kita belajar memanggil ayah dan ibu, belajar mengahafalkan nama orang yang di sekitar kita, belajar memegang botol susu, dan yang lainnya. Semua dilakukan dengan proses yang yang runtut dan tidak secafa terpaksa ataupun dipaksa. Kita akan terus belajar, belajar, dan belajar.

Berbeda dengan pembelajaran, dalam pembelajaran kita harus mampu menguasai apa yang seharusnya kita kuasai dalam suatu pelajaran. Pembelajaran yang dilakukan di sekolah atau d dunia pendidikan menjadikan kita harus menguasai mata pelajaran yang telah ditentukan oleh dinas pendidikan yang berlaku di negara ini. 

Kita harus sadar, pembelajaran yang dilakukan dikarenakan kita diharapkan di masa depan nanti. Kita sebagai penerus bangsa harus melek terhadap ilmu pengetahuan yang kini sudah sangat beragam macamnya. Tidak ada yang menginginkan kita tidak belajar. Para pelajad yang kini menempuh pendidikan diharapkan mampu nenjadi lebih baik dari generasi-generasi sebelumnya.

Kemajuan sebuah bangsa karena tinggi akan intelektualnya dan semua orang dalam negaranya mampu menguasai secara teknik dan materi yang mereka pelajari. Tidak hanya mampu mempelajari apa yang dipelajari tapi kita diharapkan mampu merealisasikannya secara nyata kepada semua orang yang ada di sekitar kita.

Karena kita harus mampu mengahasilkan kerja nyata. Bukan hanya menjadi pelajar yang santun dalam menerima pelajaran tapi kita harus mampu memberikan kontribusi yang nyata. 

Kita adalah penerus bangsa di masa depan, jangan hanya mudah untuk diberi pelajaran tapi tidak bisa memberikan pelajaran kepada orang yang lain yang seharusnya mendapatkannya. Kita harus sadar akan lingkungan kita. Dan kita harus berproses dalam belajar tanpa disuruh atau karena tuntutan.

Ciri-ciri Perilaku Belajar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN