Tidak bisa dipungkiri Pandemi Covid-19 yang terjadi di semua penjuru dunia ini banyak sekali mempengaruhi segala kegiatan manusia di berbagai sektor, salah satu yang terkena dampak ini adalah sektor bisnis atau usaha. Banyak perubahan yang terjadi di dalam menjalankan usaha pada masa pandemi ini, mulai dari kegiatan operasional, pemasaran, hingga penjualan dan cara berkomunikasi dengan customer.
Pelaku usaha dituntut untuk bisa menyesuaikan pelayanan mereka agar tetap dapat memenuhi kebutuhan customernya. Segala inovasi dan strategi baru dilakukan demi mempertahankan kelangsungan hidup dan keberlanjutan usaha. Salah satunya dengan memanfaatkan media digital yang dapat mendorong pelaku usaha untuk terus memenuhi permintaan yang datang dari kebutuhan customer.
Masa pandemi ini juga berdampak pada penggunaan teknologi yang terus meningkat, seluruh pihak beralih menggunakan media digital dalam segala aktivitasnya demi menjaga social distancing dan physical distancing. Transformasi digital merupakan proses dan strategi penerapan teknologi dalam kegiatan operasional bisnis yang mengubah cara bisnis dalam beroperasi dan melayani pelanggan, baik terkait produksi, pemasaran sampai penjualan.
Berikut beberapa cara pelaku usaha dalam memanfaatkan digitalisasi di bisnisnya:
1. Penggunaan Digital Marketing
Di era yang semakin modern ini penerimaan internet dan teknologi sangat luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara daring melalui media digital dijadikan pilihan utama oleh para pelaku bisnis terutama pada masa pandemi ini.
Digital marketing merupakan suatu proses pemasaran yang menggunakan peran media digital dalam pelaksanaannya.
Peluang pemasaran yang cukup besar dari penggunaan digital marketing ini menjadi andalan dalam menjangkau customer di segala penjuru. Dengan pembuatan konten menarik, iklan dan promosi dalam jenis pemasaran ini diharapkan dapat dengan mudah menjangkau customer dan memberi dampak baik terhadap kelangsungan bisnis.
2. Pilihan Penggunan Metode Pembayaran Digital yang Semakin Beragam
Saat pandemi pembayaran dengan menggunakan dompet digital lebih banyak disukai oleh orang. Sebab, cara ini meminimalkan kontak sehingga mengurangi risiko penulan virus. Dari kondisi ini, semakin banyak platform pembayaran digital yang bermunculan untuk mencegah kontak sosial secara langsung.
Dengan meningkatnya penggunaan dompet digital sebagai alat pembayaran, menjadikan pelaku usaha harus bisa menyediakan pilihan pembayaran yang beragam untuk customer nya agar dapat mengakses produknya dengan mudah dan fleksibel.