Mohon tunggu...
Sri rahayu
Sri rahayu Mohon Tunggu... tetap positif

selalu bekerja keras

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Teliti dalam Memilih Obat nyamuk

2 Oktober 2019   16:51 Diperbarui: 2 Oktober 2019   16:54 278 5 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Teliti dalam Memilih Obat nyamuk
Dok. Pribadi

Akhir-akhir ini gue suka makin khawatir sama keadaan sekitar, padahal bukan musim hujan tapi nyamuk banyak banget. Masalahnya mau asal pakai obat nyamuk, takutnya sesak nafas karena kandungannya beracun. Apalagi banyak obat nyamuk semprot yang terkenal yang ternyata ada kandungan kimia yang berbahaya. Semakin cemas deh.

 

Apalagi banyaknya klaim-klaim dari obat nyamuk yang katanya "nyamuk langsung mati", artinya zat-zat kimia yang ada di dalamnya pasti beracun banget sehingga nyamuk langsung mati dan bukannya teler, makanya seringkali kita kalo ga sengaja menghirup obat nyamuk semprot kita jadi sesak napas, mual, muntah, dan mata perih. Belom lagi residu yang ntar tersisa dan menempel di perabotan, haduuuh. Nyamuknya pingsan, kita juga ikutan.

 

Makanya kita perlu teliti dan lihat-lihat kandungan dalam obat nyamuk sebelum memilih beli sesuatu, kalau bisa sih yang dari bahan alami, misalnya yang bahan aktifnya pyrethrum yang merupakan insektisida alami. Kalau bisa, cari juga obat nyamuk semprot yang gak meninggalkan partikel kimia di perabotan dan bahan aktifnya bisa langsung keluar melalui urin, feses dan saluran pernafasan. Jadi jangan sampai nyemprotnya ga lama, keracunannya kelamaan.

 

Gue juga semakin penasaran dengan mencari bahan alami apa saja yang bisa mengusir nyamuk. Ternyata ada banyak tanaman dan bumbu-bumbu yang kalau diolah sedikit, bisa menjadi obat nyamuk alami. Seperti daun serai yang dipotong tipis-tipis, meletakkan bunga lavender di sudut ruangan, dan mengeringkan kulit jeruk. Nyamuk ternyata tidak tahan dengan baunya. 

 

Sayang tidak semua kita bisa mendapatkan bahan yang alami ini. Seperti gue yang sudah mau praktisnya saja, obat nyamuk semprot menjadi pilihan yang selalu ada di rumah. Tapi gue tetap berusaha mencari yang aman. Obat nyamuk yang gue pakai sekarang termasuk aman (menurut gue) karena mengandung bahan alami. Obat nyamuk ini menggunakan bahan utama bunga krisan, gak percaya ya bunga krisan ternyata efektif mengusir nyamuk. Dan juga, obat nyamuk semprot ini tidak meninggalkan residu. Setidaknya mengusir kekhawatiran gue deh.

 

Obat nyamuk yang bagus bermanfaat biar kita aman dari gigitan nyamuk dan juga ancaman demam berdarah, tapi jangan sampai kita milih asal-asalan dan malah kena penyakit lain karena obat nyamuk yang kita pilih ngga aman. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x