Mohon tunggu...
sri mayangannisa
sri mayangannisa Mohon Tunggu... pengerjaan tugas kuliah

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Semangat Pemuda Indonesia di Tengah Pandemi

27 Oktober 2020   16:44 Diperbarui: 27 Oktober 2020   17:15 74 4 0 Mohon Tunggu...

Jika membahas semangat pemuda tentunnya kita akan teringat dengan sumpah pemuda,yang mana sumpa pemuda merupakan keputusan atau hasil dari kongres pemuda kedua pada tanggal 27 dan 28 Oktober 1928 yang bertempat di Batavia atau yang sekarang dikenal dengan jakarta.

Sejak 1959, tanggal 28 Oktober ditetapkan sebagai Hari Sumpah Pemuda, yaitu hari nasional yang bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959 untuk memperingati peristiwa Sumpah Pemuda.

Sumpah pemuda merupakan salah satu pilar utama kemerdekaan indonesia, sumpah pemuda yang identik dengan semangat pemuda pejuang kemerdekaan indonesia haruslah menjadi contoh untuk pemuda generasi penerus. Lantas bagaimanakah pemuda indoneisa sekarang?

Tahun 2020 menjadi tahun yang berat untuk indonesia dan negara lainnya yang ikut terpapar virus covid-19. Hal ini mempengaruhi dalam segala sektor yang membuat perekonomian indonesia makin terpuruk. 

Dalam hal ini tentunya pemerintah menerapkan bermacam kebijakan seperti halnya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di beberapa daerah yang padat penduduk, dalam hal ini peranan generasi muda sangat di butuhkan sebagai sosok muda yang dinamis, yang penuh energi dan optimis, diharapkan untuk dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19.

Pemuda juga di tuntut untuk menjadi pendorong yang lebih baik dalam penanganan covid-19 baik berupa ajakan untuk (stay at home) pentingnya social distancing dan mencuci tangan,hal ini bisa berupa ajakan melalaui sosial media atau peneguran langsung untuk masyarakat yang masih "ngeyel" dengan peraturan pemerintah.

Dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda ini tentunya kita sebagai pemuda indonesia harus berperan aktif dalam pemutusan rantai penyebaran virus covid-19 membuktikan bahwa semangat sumpah pemuda itu masih ada dengan  ikut andil dalam mencegah penyebaran virus ini, karena kesadaran dimulai dari diri kita untuk semua.

Matkul : kewarganegaraan

dosen pengampuh : Ilham yudi.,S.pd.,M.pd

sumber https://id.wikipedia.org/wiki/Sumpah_Pemuda 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x