Mohon tunggu...
Sri Astuti
Sri Astuti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Artikel mahasiswa Silakan di baca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Peran Teknologi Komunikasi dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi

23 Januari 2022   06:05 Diperbarui: 23 Januari 2022   06:12 972
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Peran Teknologi Komunikasi Dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi'

Oleh :

Luh Putu Sri Astuti

2012061020

02

SEKOLAH TINGGI AGAMA HINDU MPU KUTURAN SINGARAJA 

JURUSAN DHARMA DUTA, PRODI ILMU KOMUNIKASI   TAHUN AJARAN 2020/2021


Abstrak

 

Beberapa Negara sedang dilanda pandemi Covid 19 termasuk Indonesia. Pandemi Covid-19 menyebabkan adanya perubahan-perubahan besar hampir diseluruh aspek kehidupan salah satunya pada sistem pendidikan. Adanya perubahan tatanan pendidikan membuat para siswa semakin sulit untuk menempuh ilmu terlebih para siswa di jenjang sekolah dasar dan dan taman kanak-kanak. Selain itu  berubahnya sistem pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh ( pembelajaran daring ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan di masa pandemic Covid-19. Selain itu juga menjelaskan platform digital apa saja yang sering digunakan dalam pembelajaran daring. Hasil  dalam penulisan ini menunjukkan bahwa, teknologi memiliki peran yang penting terhadap pelaksanaan pembelajaran daring terlebih di saat pandemi Covid-19 seperti saat ini. Teknologi berperan sebagai media pembelajaran dalam melakukan interaksi antara guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Selain itu teknologi juga berperan dalam memfasilitasi siswa untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga pembelajaran tetap berlangsung meskipun tidak dilakukan secara tatap muka langsung. Adapun hambatan yang dihadapi pada pembelajaran daring yaitu dengan menggunakan teknologi menjadi hal baru bagi beberapa siswa terutama di jenjang sekolah dasar dan taman kanak-kanak, selain itu tidak semua wilayah tempat tinggal siswa dapat dijangkau internet sehingga terkendalan sinyal di beberapa derah, Dalam pelaksanaan pembelajaran daring tentunya terdapat hambatan yang menjadi tantangan tersendiri bagi para guru dan tenaga pendidik, yang berkaitan dengan nilai, sikap, pengetahuan, keterampilan, serta kesiapan sarana dan prasarana terkait teknologi. Penyelenggaraan literasi serta pelatihan berkaitan dengan pemanfaatan teknologi dapat menjadi salah satu solusi dalam menghadapi beberapa tantangan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 saat ini.

PENDAHULUAN

 

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat di era globalisasi saat ini tidak bisa dihindari lagi pengaruhnya terhadap dunia pendidikan. Tuntutan global menuntut dunia pendidikan untuk selalu dan senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan, terutama penyesuaian penggunaannya bagi dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Teknologi informasi merupakan perkembangan sistem informasi dengan menggabungkan antara teknologi komputer dengan telekomunikasi. Menghadapi pandemi COVID-19 pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan dalam banyak sektor, salah satunya dalam sektor pendidikan kebijakan pemerintah berupa pembelajaran daring. Sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun siswa berada di rumah. Solusinya, guru dituntut dapat mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online).Kebijakan pemerintah ini mulai efektif diberlakukan di beberapa wilayah provinsi di Indonesia pada hari Senin, 16 Maret 2020 yang juga diikuti oleh wilayah-wilayah provinsi lainnya. Tetapi hal tersebut tidak berlaku bagi beberapa sekolah di tiap-tiap daerah. Sekolah tersebut tidak siap dengan sistem pembelajaran daring, dimana membutuhkan media pembelajaran seperti handphone, laptop, atau komputer. Sebelum pandemi, kegiatan belajar mengajar biasa dilakukan secara tatap muka dan banyak berkaitan dengan aktivitas di dalam kelas. Namun ketika pembelajaran bersama peserta didik saat ini hanya dapat dilakukan secara daring, tentu inovasi yang harus dilakukan guru harus lebih kreatif dan lebih luas cakupannya sehingga seluruh proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien, seperti membuat media pembelajaran yang interaktif lewat animasi dan media pembelajaran lainnya. Beradasarkan uraian tersebut, penelitian ini akan mengkaji mengenai bagaimana peran teknologi dalam pembelajaran serta tantangan pendidikan yang dihadapi selama masa pandemi Covid-19 saat ini, serta menjelaskan platform digital apa saja yang sering digunakan dalam pembelajaran daring.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun