Mohon tunggu...
Jayden Raphael Susilo
Jayden Raphael Susilo Mohon Tunggu... Mahasiswa - ‎

‎

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Saya di Geladi Hominisasi - Jayden Raphael Susilo

4 Oktober 2022   20:42 Diperbarui: 4 Oktober 2022   20:50 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Jayden Raphael Susilo

6182201034

Tugas Pasca Geladi Hominisasi

Saya mendaftarkan diri untuk mengikuti Geladi Hominisasi ini awalnya di tanggal 22 Oktober, tetapi dikarenakan mendapatkan kabar bahwa yang tanggal 1 pendaftarannya mulai dibuka lagi, saya pun pindah ke tanggal 1. Dimulai dari tugas pre-Geladi saya mengerjakan tugasnya pada tanggal 30 September. Di tugas pre-geladi kami diharapkan untuk memberikan opini terhadap bait yang membuat kami terkesan di lagu Indonesia Raya 3 Stanza. Kami juga menonton video tentang berbagai kuliner di Indonesia dan menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan video tersebut.

Setelah menyelesaikan tugas pre-Geladi, Saya diberikan link untuk join Zoom Meeting sekitar 3 jam setelah deadline. Saya pun memastikan seluruh peralatan saya ( komputer, microphone, dll. ) tidak bermasalah. Setelah memastikan peralatan, saya pun bergegas untuk melihat kelompok yang dibagi dan tema yang didapat. Sepertinya saya dapat kelompok nomor 10 dan tema " Hari Pangan Sedunia " yang dirayakan di tanggal 16 Oktober. Saya pun menyiapkan baju yang akan saya pakai di kemudian hari dan pergi tidur.

Datanglah 1 Oktober, saya bangun sekitar jam 07.00 dan mulai menyantap sarapan. Saya melanjutkan aktivitas dengan mandi dan sikat gigi kemudian memakai baju kemeja. Saya pun kemudian masuk ke Zoom sekitar jam 07.50 an dan acaranya mulai sekitar jam 08.10 an. Saya pun mengikuti berbagai rangkaian acara dari presentasi dari para panitia, games yang diikuti oleh seluruh peserta, dan juga pembagian ke Breakout Room sesuai dengan nomor kelompok.

Setelah di breakout room, kami diharapkan untuk membuat sebuah diskusi ( podcast , dll. ) yang terdiri dari pembuka, isi, dan penutup dan berdurasi maksimal 4 menit saja. Kami mendapatkan tema " Hari Pangan Sedunia " sehingga saya dan kelompok memutuskan untuk membahas " Keadaan Pangan di Indonesia ", kami diharapkan membahas topik ini secara 5W 1H dan terdapat 2 unsur dari S W T O

( strength weaknesses threaths and oppurtunities ). Kami pun bergegas untuk membuat script podcast dan membagi para anggota kepada peran tertentu. Kami pun selesai membagi peran dan membuat script dan waktunya untuk eksekusi "podcast" ini. Kita diberi 3 kesempatan untuk latihan dan kelompok kami gagal di 2 kesempatan pertama dikarenakan lebih dari 4 menit, tetapi di kesempatan ke-3 kami pun akhirnya berhasil dan kami menyiapkan diri untuk diskusi aslinya.

Kami pun balik ke Main Room dan setelah itu dibagi menjadi 3 breakout. Kami para anggota kelompok 10 diperkenankan untuk masuk Breakout Room 3 dan memulai "podcast" kami. Di breakout room kami ini terdapat 3 kelompok yaitu kelompok 8, 9, dan 10 yaitu kami. Kelompok 10 ternyata terpilih untuk maju pertama, Kami pun melakukan "podcast" kami dan ternyata kita berhasil untuk memenuhi seluruh persyaratan. Kelompok lain kemudian mulai presentasi diskusi mereka juga dan akhirnya selesai. Setelah selesai, kami diharapkan untuk memilih dari yang terbaik dari 3 kelompok yang sebelumnya presentasi. Nantinya kelompok pemenang ini akan dilawankan lagi dengan pemenang-pemenang lainnya dari Breakout Room yang lain. Hasilnya pun keluar dan sayangnya kami tidak menang.

Kami pun kembali lagi ke main room dan menyaksikan diskusi dari setiap kelompok yang menang dan akhirnya dipilih 1 pemenang yaitu Kelompok 6. Setelah itu ada penutupan acara dan doa, kemudian saya mengisi link presensi Geladi dan akhirnya selesai juga.


Dari mengikuti acara geladi ini saya merasakan mendapatkan banyak manfaat. Mulai dari diajarkan cara mempresentasikan suatu topik secara compact dan jelas, saya juga diajarkan untuk keluar dari zona nyaman dan bersosialisasi dengan anggota kelompok dari berbagai angkatan dan berbagai fakultas untuk menyelesaikan 1 tugas bersama. Hal - hal ini pastinya nanti akan saya terapkan untuk membantu saya dalam menelusuri perjalanan kuliah ini. Untuk meningkatkan kemampuan saya untuk berpikir dan berbahasa sebagai warganegara, Saya akan berusaha untuk membaca lebih banyak lagi buku dan bercakap-cakap dengan banyak orang dari berbagai latar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun