VARIASI PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR Â MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL(PROBLEM BEST LEARNING) DENGAN BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL
SMP Negeri 3 Sawangan
A. Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah :
   1. Kurangnya motivasi belajar siswa,
   2. Kurangnya minat baca peserta didik,
   3. Peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran.
   4.  Masih ada peserta didik yang belum fokus pada saat pelaksanaan pembelajaran, asyik dengan diri sendiri,
   5.  Guru lebih menjadi "teacher centre" sehingga hanya guru yang aktif sementara siswa cenderung pasif, Suasana  kelas belum hidup  dalam kegiatan pembelajaran,
   6. Guru belum memahami dan belum dapat memaksimalkan dalam mengimplementasikan model-model pembelajaran yang inovatif.
B. Tantangan
   Tantangan yang dihadapi guru dari sisi kompetensi yang harus dimiliki guru yaitu kompetensi pedagogik dan profesional sedangkan dari sisi peserta didik adalah motivasi belajar, minat baca, kreatifitas, Teman sejawat, Kepala Sekolah.
C. Langkah-langkah dan strategi
   Langkan_langkah yang harus di lakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain:
    1. Pemilihan Media Pembelajaran,
    2. Pemilihan Model Pembelajaran Â
Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan model pembelajaran adalah dengan memahami karakteristik siswa dan karakteristik materi, disini guru memilih mengunakan model PBL, Dampak dari aksi dan langkah langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif dan dapat dilihat
Pemilihan Metode yang variatif sangat efektif untuk meningkatkan keaktifan siswa terlihat dari kegiatan siswa saat pembelajaran
Pemilihan Model pembelajaran PBL menumbuhkan berfikir kritis siswa terlihat dari tanggapan dan jawaban yang di lontarkan guru saat pembelajaran
Desain kegiatan yang berpusat pada siswa sangat meningkatkan keaktifan siswa saat proses pembelajaran sehingga siswa termotivasi untuk belajar.
Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan akan penguasaan guru terhadap media pembelajaran, metode, model dan langkah-langkah pada rencana pelaksaanaan pembelajaran yang sudah dibuat.
Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah guru dilakukan adalah sebaiknya guru lebih kretaif dan inovatif dalam memilih metode, model dan media pembelajaran untuk membuat proses belajar mengajar sesuai
dengan yang diharapkan.