Mohon tunggu...
Hasyim Ashari
Hasyim Ashari Mohon Tunggu... Hanya orang biasa yang lahir di Indonesia

Travel Enthusiast - Broadcasting '19 - Jurnalis - IG hasyimashar23

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis

Inilah Skandal Kontroversial Atlet Bulu Tangkis Paling Menggemparkan Dunia

31 Oktober 2020   12:22 Diperbarui: 31 Oktober 2020   12:46 153 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah Skandal Kontroversial Atlet Bulu Tangkis Paling Menggemparkan Dunia
Sumber: BWF TV

Dunia olahraga tak lepas dari berbagai kasus dan skandal. Tak terkecuali cabang olahraga bulutangkis. Olahraga tepok bulu ini pernah membuat gempar dunia oleh beberapa skandal diantaranya adalah kasus perselingkuhan yang dilakukan para atlet bulutangkis yang tersohor di dunia. 

Bahkan skandal yang dialami oleh atlet bulutangkis tak henti-hentinya media menyoroti peristiwa tersebut. Lantas siapa sajakah pemain bulutangkis yang pernah tersangkut kasus dan skandal yang sukses menggemparkan dunia? Berikut beberapa nama atlet bulutangkis yang terkena kasus dan skandal yang menggemparkan dunia:

  • Lee Chong Wei

Dimulai dengan kasus yang menimpa pemain tunggal putra andalan dari negeri jiran Malaysia. Kasus ini terjadi pada tahun 2014 silam, para pecinta bulutangkis dibuat gempar dengan kasus dopping yang melibatkan Lee Chong Wei. Peraih medali perak Olimpiade Rio 2016 itu, tak lolos tes dopping untuk mengikuti kejuaraan dunia tahun 2014 di Denmark. 

Pemeriksaan urin Lee Chong Wei dinyatakan positif mengandung zat dexamethasone yang dilarang oleh BWF (Badminton World Federation). Ia mengakui mengonsumsi zat tersebut saat menjalani perawatan cidera paha yang dialaminya. Akibat kasus tersebut, BWF menjatuhkan hukuman larangan bertanding selama 8 bulan dan medali perak kejuaraan dunia tahun 2014 yang diraih oleh Lee Chong Wei pun akhirnya dicabut.

  • Lin Dan

Sumber: BWF TV
Sumber: BWF TV
Skandal berikutnya menimpa salah satu pemain tunggal putra terbaik asal negeri tirai bambu Tiongkok yaitu Lin Dan. Peraih medali emas Olimpiade London 2012 itu membuat gempar pecinta bulutangkis lantaran skandal perselingkuhan dengan salah satu model cantik bernama Zhao Yaqi. Dan paling menghebohkannya lagi, hubungan perselingkuhan Lin Dan terjadi di kala sang istri sedang mengandung buah cintanya. 

Skandal perselingkuhan ini mulai menguak ke publik saat Lin Dan dan Zhao Yaqi tertangkap basah oleh kamera CCTV sedang bermesraan berdua pada tahun 2016 silam. Foto-foto mereka akhirnya tersebar di media sosial dan membuat geger pecinta bulutangkis. 

Akibat dari skandal perselingkuhan tersebut, Lin Dan mendapat banyak kecaman dan kritikan dari publik yang membuat Lin Dan harus mengakui kesalahannya dan meminta maaf ke sang istri. Berkat kebesaran hati sang istri Xie Xingfang, ia pun memaafkan perbuatan suaminya setelah melahirkan anak pertama mereka.

  • Kento Momota

Sumber: BWF TV
Sumber: BWF TV

Pebulutangkis yang kini menempati posisi peringkat 1 dunia ini pernah beberapa kali membuat kasus dan skandal yang menimpa dirinya. Pada tahun 2016, Kento Momota kedapatan mendatang judi ilegal di Tokyo bersama rekan timnya yaitu Kenichi Tago. Akibat dari perbuatannya tersebut, Kento Momota mendapat hukuman dilarang berpartisipasi di Olimpiade Rio 2016 serta mendapat larang bertanding sampai akhir tahun 2017. 

Di tahun yang sama, Kento Momota kembali terjerat kasus yang tak kalah menghebohkan para pecinta bulutangkis yaitu foto Kento Momota yang sedang bermesraan dengan wanita penghibur di tempat karaoke beredar luas di media sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN