Mohon tunggu...
Spirit Kalteng
Spirit Kalteng Mohon Tunggu... Seputar Kalimantan Tengah

Menulis Fakta

Selanjutnya

Tutup

Karir

Aktif Bergerilya di Lapangan, Tanpa WA Bukan Penghambat Jalan Peliputan

13 Juli 2020   07:45 Diperbarui: 16 Juli 2020   12:16 31 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Aktif Bergerilya di Lapangan, Tanpa WA Bukan Penghambat Jalan Peliputan
Darsuni, Wartawan di Kapuas, Kalimantan Tengah | dokpri

KUALAKAPUAS - Lika-liku kehidupan sebagai wartawan telah dilalui Darsuni. Sekitar 20 tahun terakhir ia bergelut dengan dunia jurnalistik di daerah tempatnya tinggal.

Warga Kota Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah itu terus aktif hingga sekarang.

Sejak tahun 2008, Darsuni bergabung bersama TVRI Kalteng dan memberitakan kabar dari Bumi Tingang Menteng Panunjung Tarung.

Ragam pemberitaan di Kapuas pernah disorot olehnya. Menyusuri jalanan kota hingga pelosok desa sudah sering dilaluinya demi satu peliputan.

Wartawan satu ini juga cukup nyentrik. Motor besar Yamaha R15 merah putih dengan suara knalpotnya yang khas jadi ciri kedatangannya.

Hingga muncul guyon dari rekan satu profesi yang mengibaratkan nya dengan sinetron "Boy Anak Jalanan" karena motor balap yang digunakannya.

Selain itu, satu hal lagi yang membuat sosok ini cukup unik, yakni cara klasik yang masih digunakannya dalam berkomunikasi. Hanya memanfaatkan telepon dan SMS.

Darsuni tidak memiliki WhatsApp (WA), media komunikasi umum yang orang gunakan saat ini. Hingga hal itu juga kerap jadi bahan candaan rekannya saat kumpul santai.

Namun Darsuni santai saja menanggapinya, lantaran itu bukan masalah baginya. "Saya memang tidak menggunakan WA. Telepon dan SMS sudah cukup, cara klasik saja," kata Darsuni sambil tertawa saat berbincang beberapa waktu lalu.

Meski demikian, Darsuni masih tetap bisa memonitor informasi, baik saat ada kejadian atau kegiatan.

Bahkan dirinya nyaris tak pernah absen melakukan peliputan kegiatan Bupati, Wakil Bupati dan kegiatan pemerintahan lainnya.

"Kiat suksesnya bukan soal teknologi, tetapi jaringan persahabatan, pertemanan. Sehingga informasi selalu bisa kita jangkau," ujarnya.

Menurutnya, informasi bisa datang dari mana saja dan siapa saja. "Perbanyak lah berteman di lapangan, tentu banyak pula informasi yang bisa kita dapatkan," tambahnya.

Ayah tiga anak ini pun mengatakan sebagai seorang wartawan, ia harus aktif di lapangan. "Sampai sekarang, saya masih senang bergerilya di lapangan mencari pemberitaan, terus semangat," pungkasnya. (*)

VIDEO PILIHAN