Mohon tunggu...
Kelvin
Kelvin Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Write About Fintech Update

Selanjutnya

Tutup

Money

Customer Retention Bisa Dipertahankan dengan Komunikasi yang Baik

14 September 2022   19:24 Diperbarui: 14 September 2022   19:33 221
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo Customer Service by Yan Krukov

Customer retention pasti sudah sering kamu dengar. Namun, tidak semua orang tahu apa itu customer retention dalam bisnis. Secara singkat customer retention dapat dikatakan sebagai usaha perusahaan menjaga customer mereka tetap menggunakan produk mereka.

Biasanya menjaga customer retention bisa dilakukan bisnis dengan berbagai cara loh. Salah satu caranya adalah dengan menjaga komunikasi tetap mudah dilakukan antara bisnis dan customer.

Salah satu alasan kenapa bisnis berhenti menggunakan produk atau layanan kamu tentunya karena komunikasi yang ada di bisnis kamu tidak berjalan dengan baik.

Alasan paling sering ditemui sendiri adalah karena komunikasi yang dilakukan oleh customer ke bisnis sulit dilakukan. Mulai dari susahnya dijangkau hingga tidak bisanya bisnis dijangkau melalui platform komunikasi yang mainstream atau lebih mudah. 

Oleh karena itu, untuk tetap menjaga customer retention, biasanya bisnis melakukan beberapa hal. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan platform komunikasi yang mempuni.

Salah satu contoh platform komunikasi yang mempuni untuk bisnis saat ini sendiri adalah WhatsApp Business Platform loh. Pastinya kamu bertanya-tanya apa keunggulan platform komunikasi ini untuk menjaga customer retention? Berikut penjelasannya!

Menggunakan WhatsApp Business Platform Lebih Mudah Dijangkau

Penggunaan WhatsApp Business Platform dalam bisnis saat ini dapat mempermudah bisnis menjangkau customer dan sebaliknya. Bisa dibilang hal ini memang menjadi kelebihan platform komunikasi ini.

Jangkauan yang mudah menjadi salah satu cara untuk tetap menjaga customer retentation. Namun, selain jangkauan yang mudah jika kamu menggunakan WhatsApp Business Platform banyak keunggulan yang bisa didapatkan.

Salah satunya fitur-fitur unggulan yang membantu bisnis melakukan segala aktifitas mulai dari promosi hingga memberikan informasi terbaru kepada customer.

Hal-hal yang dilakukan ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga customer retention pada bisnis karena customer tentunya akan meraskaan komunikasi yang baik dari bisnis.

Platform Komunikasi Yang Mainstream Untuk Setiap Orang

Jika berbicara tentang platform komunikasi yang mudah dijangkau pastinya kamu berpikir bahwa platform komunikasi ini harus dikenali atau digunakan setiap orang.

WhatsApp tentunya tidak perlu diragukan lagi sebagai platform komunikasi yang digunakan setiap orang saat ini. Bisa dibilang siapa yang tidak menggunakan platform komunikasi ini saat ini?

Hampir setiap orang menggunakan platform komunikasi ini tentunya. Oleh karena itu, ini menjadi keunggulan bisnis yang menggunakan WhatsApp Business Platform.

Bisnis akan dengan mudah menghubungi customer atau calon customer melalui WhatsApp saja karena WhatsApp Business Platform memang platform komunikasi berbasis WhatsApp.

Nah, jadinya kamu sudah paham bukan bagaimana mempertahankan customer retention saat ini? Tentunya hal ini harus dilakukan setiap bisnis yah.

Untuk kamu yang bertanya-tanya tentang WhatsApp Business Platform, secara singkat dapat dijelaskan bahwa platform komunikasi ini merupakan platform komunikasi yang disediakan oleh WhatsApp untuk bisnis enterprise.

WhatsApp Business Platform sendiri bisa digunakan oleh bisnis melalui penyedia layanan WhatsApp Business Platform yang ada, salah satu contohnya adalah Wappin yah.

Tentunya ada banyak fitur dan layanan yang ditawarkan kepada para pengguna sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun